Tuesday, May 18, 2021

Daya Tampung Kios Pedagang Masih Kurang, Disperindagkop Usulkan Bangun Gedung Baru di Pasar Babulu


 TRIBUNKALTIM.CO.CO, PENAJAM - Hingga saat ini gedung Pasar Rakyat yang terletak Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), belum juga difungsikan sejak dua tahun pasar tersebut telah berdiri.


Meski belum difungsikan hingga saat ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindakop UKM) Kabupaten PPU mengusulkan kembali pembangunan gedung baru di lokasi pasar baru tersebut.

"Saat ini kami sedang mengurus di Kementerian Perdagangan, kami masih mengajukan dan melakukan asistensi di sana untuk pembangunana Pasar Babulu tiga," kata Kepala Disperindagkop PPU, Kuncoro, Selasa (18/5/2021).

Dijelaskan Kuncoro, pihaknya kembali mengajukan usulan pembangunan gedung baru karena kurangnya daya tampung kios pedagang di dua gedung pasar baru tersebut.

"Saat ini yang sudah terdata sekitar 400 lebih pedagang, jumlah tersebut tidak bisa menampung kios-kios di dua gedung pasar baru itu, makanya kita akan bangun Pasar Babulu tiga, melalui bantuan dari Kementerian Perdagangan, insya Allah kita mudah-mudahan dapat," ujarnya.

"Nantinya akan menampung 200 kios lagi, kira-kira nanti bakal menampung 600 hingga 700 kios," imbuhnya.

Kuncoro mengatakan, pihaknya mengusulkan anggaran kepada Kementerian Perdagangan dengan anggaran mencapai Rp 6 miliar untuk pembangunan gedung tiga Pasar Babulu.

Sempat Tertunda, Pedagang di Pasar Babulu PPU Segera Direlokasi ke Pasar yang Baru

Diberitakan sebelumnya, setelah tertunda rencana pemindahan yang seharusnya dilaksanakan pada April 2021 lalu, pasar yang telah dibangun di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur dikabarkan akan segera ditempati para pedagang.

Hal itu dibeberkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindakop) Kabupaten PPU Kuncoro melalui Sekretaris Disperindagkop UKM Kabupaten PPU Erwansyah.

Ia mengatakan bahwa pemindahan pasar lama ke Pasar Babulu yang baru akan dilaksanakan usai pertemuan dengan para pejabat terkait.

"Insya Allah dalam waktu dekat ini akan kita pindahkan ke pasar baru, tapi menunggu rapat ketiga dengan Asisten II Pemkab PPU, Kepala Desa, Camat Babulu, Satpol PP dan instansi terkait," ujar Erwinsyah, Senin (17/5/2021).

Dijelaskan Irwansyah, agenda rapat yang ketiga tersebut akan membahas terkait dengan agenda pemantapan pemindahan lokasi tersebut dan peninjauan lapangan dari tim pemindahan lokasi pasar baru.

Sementara itu, dibeberkan Irwansyah, terkait dengan data pedagang yang akan pindah ke pasar baru sejumlah kurang lebih 508 pedagang.

Meskipun jumlah tersebut belum mencukupi jumlah kios di pasar baru.

"Kalau mencukupi belum, tapi kita akan maksimalkan, mungkin kita akan bangun bangunan baru, penambahan bangunan," ujarnya.

Diketahui Pasar Rakyat tersebut, tepat berlokasi di belakang Puskesmas, Kecamatan Babulu dengan jarak masuk sekitar 800 meter.


Sumber : https://kaltim.tribunnews.com/2021/05/18/daya-tampung-kios-pedagang-masih-kurang-disperindagkop-usulkan-bangun-gedung-baru-di-pasar-babulu?page=2

0 comments:

Post a Comment