Thursday, April 29, 2021

UMKM Didorong Masuk Laman Bela Pengadaan LKPP


 telusur.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM mendukung program UMKM Go digital, salah satunya melalui program Bela Pengadaan. Dengan bergabung ke dalam marketplace disebut akan menjadikan pengadaan belanja pemerintah lebih inklusif, meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri, serta meningkatkan transparasi dan akuntabilitas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJP).


Hal itu disampaikan oleh Asdep Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro KemenkopUKM, Sutarmo pada acara Bimbingan Teknis Pengembangan Usaha Mikro melalui e-Commerce dan Bela Pengadaan, di Kuningan, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

"Di sini peran pemerintah mendorong usaha mikro onboarding untuk masuk di laman Bela Pengadaan. Harapannya, kegiatan ini dapat memfasilitasi onboarding usaha mikro 100%," ujar Sutarmo.

Menurut Sutarmo, Bimtek ini sebagai implementasi dari Perpres Nomor 12 tahun 2021 tentang pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, dimana sebagian besar peserta adalah yang belum menjadi mitra Grab dan ingin sekali bergabung dengan Grabfood sehingga nantinya masuk dalam laman Bela Pengadaan.

"Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas usaha mikro dalam ekosistem digital melalui perluasan jangkauan pemasaran Usaha Mikro di e-commerce Grabfood dan laman Bela Pengadaan," ungkapmya.

Tujuan lain, memberikan informasi dan bimbingan kepada pelaku usaha mikro cara mengakses dan bergabung dalam e-commerce, memberikan pendampingan kepengurusan legalitas usaha mikro melalui Online Single Submission (OSS), dan digitalisasi system pembukuan laporan keuangan pelaku usaha mikro melalui aplikasi Lamikro.

"Pelaksanaan kegiatan ini juga sebagai rangkaian dari kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang pada April tahun 2021, dimana Kementerian Koperasi dan UKM ditunjuk sebagai Movement Manager dengan mengambil tema UKM Jabar Paten," pungkasnya.

Sumber : https://telusur.co.id/detail/umkm-didorong-masuk-laman-bela-pengadaan-lkpp

0 comments:

Post a Comment