Monday, April 5, 2021

Luhut: Stimulus 400 Miliar untuk UMKM Akan Cair 20 April

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta restu kepada Presiden Jokowi untuk menjadi Ketua Umum PB PASI. (Sumber: KOMPAS.COM)

Pemerintah rencananya masih akan menggelontorkan dana untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebanyak 400 Milyar pada 20 April 2021 mendatang.

Hal itu dijelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat Pembukaan UKM Jabar Paten secara virtual, Sabtu (3/4/2021).

"Laporan yang saya dapat demand terus naik, juga nanti stimulus Rp 400 miliar (untuk UMKM) itu tanggal 20 bulan ini (April 2021) akan diluncurkan," ungkapnya, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Menurut informasi, Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk UMKM pada tahun ini akan dipangkas setengah dari Rp2,4 juta menjadi Rp1,2 juta per UMKM yang akan diberikan kepada 12,8 juta UMKM di seluruh Indonesia.

Oleh pemerintah, hal ini dilakukan supaya perekonomian secara nasional cepat berangsur membaik. Selain itu, dorongan stimulus juga akan digelontorkan ke sejumlah sektor seperti pariwisata.

"Juni-Juli akan diluncurkan Rp 2 triliun untuk (program) Bangga Wisata Indonesia. Saya pikir langkah-langkah pemerintah yang betul-betul sangat pro-aktif untuk membangun ekonomi kita lebih kuat," jelasnya.


sumber : https://www.kompas.tv/article/161371/luhut-stimulus-400-milyar-untuk-umkm-akan-cair-20-april?page=2

 

0 comments:

Post a Comment