Wednesday, April 21, 2021

Dari 64 Juta UMKM, Baru 18 Persen yang Masuk Platform Digital


Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi pameran virtual InaFashion Smesco Online Expo 2021 yang berlangsung pada 21-30 April 2021.


Mengingat, pameran hasil kolaborasi antara Smesco Indonesia dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) ini dinilai mampu membangkitkan kembali kinerja UMKM sektor fashion di tengah pandemi Covid-19.

"Ini adalah bentuk dukungan kepada UMKM, khususnya di bidang fesyen dan pendukungnya, untuk bangkit kembali menjalankan usahanya sehingga mampu berkontribusi pada perekonomian nasional," kata Teten dalam acara Opening Ceremony InaFashion Smesco Online Expo 2021 di Jakarta, Rabu (21/4).

Menurut Teten, di tengah pandemi Covid-19, para pelaku UMKM tidak boleh kehilangan kreativitas. Apalagi pemerintah serius untuk mengupayakan berbagai kegiatan ekonomi berjalan di tengah pandemi dengan tetap menjalankan secara ketat penerapan protokol kesehatan. Termasuk pameran virtual InaFashion Smesco Online Expo 2021.

Sebab, UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi. Pelaku usaha yang cepat beradaptasi dalam mengikuti perubahan dan membaca permintaan pasar, serta beralih dari konvensional menjadi digital, terbukti mampu bertahan di tengah masa pandemi ini.

Berdasarkan data Katadata, tahun 2020 terdapat kenaikan nilai transaksi e-commerce sebesar 29,6 persen yaitu dari Rp205,5 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp266,3 triliun di tahun 2020.

"Meskipun demikian, baru 18 persen UMKM onboarding dalam platform digital dari total populasi UMKM yang sebanyak 64,2 juta," ungkap Teten.

Oleh karena itu, Teten menilai, acara seperti InaFashion menjadi sangat penting menjadi alternatif untuk mendongkrak penjualan produk UMKM fesyen. Bahkan, menjadi penting bagi industri nasional.

"Kami ingin dari Smesco menjadi warehouse produk UMKM. Saatnya sekarang kita mulai kembali menampilkan produk lokal," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya tengah menyiapkan skema pembiayaan yang memungkinkan UMKM bisa meningkatkan kapasitas produksi. Pemerintah tengah menyiapkan skema baru pembiayaan untuk mempercepat UMKM naik kelas.

"KemenkopUKM menargetkan rasio kewirausahaan Indonesia pada 2021 sebesar 3,55 persen dan 3,94 persen di tahun 2024 melalui penciptaan wirausaha muda atau milenial yang inovatif, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan pekerjaan dalam satu ekosistem," tukasnya.

Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah berharap dengan pameran ini pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebaik mungkin selama pandemi untuk meningkatkan penjualannya secara digital dan memperluas jaringan bisnisnya hingga ke mancanegara.

"Pameran online inaFashion Smesco Online Expo 2021 merupakan salah satu terobosan untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional, Bangga Buatan Indonesia, Hari Konsumen Nasional, dan untuk memperingati Hari Kartini," katanya.

Pameran ini juga merupakan solusi di mana menjelang lebaran terdapat larangan mudik. Di pameran ini, UKM di seluruh Indonesia tidak perlu datang ke Jakarta, tapi cukup datang ke pameran ini untuk membeli bahan-bahan baku yang diperlukan.

"Sehingga, tetap dapat melakukan produksi dan barang hasil produksinya dapat dijual ke anggota Hippindo. Kemudian, melalui pameran ini, pelaku usaha di dalam negeri maupun luar negeri dari skala besar, menengah, kecil, serta pemangku kepentingan di sektor industri tekstil, produk tekstil (raw materials, supporting, ready to wear, dan batik), termasuk alas kaki dapat bertemu," tukasnya.

Sebagai informasi, Pameran InaFashion Smesco Online Expo 2021 dapat diakses secara online selama 24 jam melalui tradefair.inaproduct.com. InaFashion Smesco Online Expo memiliki beberapa rangkaian kegiatan seperti business matching, discount hall, talk show, workshop, dan fashion show. Acara ini juga didukung berbagai pihak, di antaranya Hippindo, kementerian, asosiasi, perbankan, dan marketplace.


sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4538246/dari-64-juta-umkm-baru-18-persen-yang-masuk-platform-digital#

0 comments:

Post a Comment