Tuesday, March 30, 2021

Wallstreet Devop Sediakan Iklan Digital Gratis Bagi UMKM

Ilustrasi konsumsi online. Shutterstock/dok

Perusahaan rintisan di bidang edukasi, Wallstreet Devop menawarkan layanan iklan digital gratis bagi para pelaku UMKM. Selain itu, pelaku usaha juga dapat mengikuti konsultasi pemasaran digital.

Managing Director Wallstreet Devop, Suaidi Salim dalam keterangan resminya menyebutkan langkah itu sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM agar bisa memenuhi kebutuhan industri saat ini.

"Dengan adanya layanan periklanan digital gratis ini, kami mengajak UMKM untuk meningkatkan skill mereka di dalam dunia digital," ujar Suaidi di Jakarta, Senin (29/3).

Terobosan itu, lanjutnya, tak lepas dari realita di mana UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak berat akibat perebakan pandemi covid-19. Padahal, data olahan Wallstreet Devop menunjukkan jumlah UMKM sebanyak 65 juta unit dan terus bertambah setiap tahunnya.

Akan tetapi, para pelaku UMKM dewasa ini mengalami penurunan penjualan yang tinggi. Merujuk pada survei Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI), Suaidi menyebut 36,7% UMKM tidak membukukan penjualan. Sedangkan, 26,6% unit usaha mengalami penurunan penjualan lebih dari 60%.

Terobosan untuk memberi layanan iklan digital gratis tersebut, kata Suaidi, juga tak lepas dari aspek perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. Pada masa pandemi, sebagian besar konsumen mulai beralih dari pembelian konvensional ke online.

"Sejak pandemi, transformasi digital bergerak cepat, sedangkan masih banyak UMKM yang belum siap beradaptasi dengan dunia digital," ungkap dia.

Ia berharap layanan iklan digital gratis itu bisa dimanfaatkan pelaku UMKM sehingga bisa menjaga daya saing dan ketahanan usaha di tengah krisis pandemi maupun pascapandemi.

Sementara untuk konsultasi pemasaran, Suaidi menjelaskan akan dijalankan oleh alumni dari Program Sertifikasi Wallstreet Devop dan University of Oxford di bidang digital marketing untuk menambah pengalaman portofolio para pelaku usaha.

"Selain menambah pengalaman portofolio, konsultasi itu juga diharapkan bisa mengembangkan UMKM di bidang digital," tegasnya.

Salah satu pelaku usaha skin care dan makanan olahan ikan, Dinda Fatia pun mengakui kendala penjualan di masa pandemi adalah strategi pemasaran. Mulai dari menyusun konten sosial media hingga cara memasarkan produk.

"Sehingga sejak awal mengetahui ada program ini, benar-benar sangat membantu. Tidak hanya belajar, tapi dibimbing sampai bisa mendatangkan penjualan yang signifikan," kata Dinda.


sumber : https://www.validnews.id/Wallstreet-Devop-Sediakan-Iklan-Digital-Gratis-Bagi-UMKM-Tns 

0 comments:

Post a Comment