Monday, March 22, 2021

Platform equity crowdfunding Santara membuka pasar sekunder mulai hari ini


PT Santara Daya Inspiratama resmi membuka pasar sekunder yang diperuntukan bagi jual beli saham bisnis UKM. Pembukaan transaksi ini berlangsung selama 10 hari kerja yang dimulai pada hari Jumat (19/3) sampai dengan Kamis (1/4).

Platform layanan urun dana (equity crowdfunding) ini sebelumnya dikenal sebagai platform untuk membantu bisnis UKM untuk mendapatkan pendanaan dari masyarakat pemodal dengan menjual sebagian sahamnya. Proses tersebut dikenal sebagai penjualan dana saham di pasar perdana.

Saham bisnis UKM yang sudah melewati masa satu tahun dan memenuhi syarat tertentu dapat diperjualbelikan di pasar sekunder. Investor dapat menjual saham yang sebelumnya sudah dimiliki. Sebaliknya, ini juga dapat menjadi kesempatan bagi investor jika belum sempat membeli saham di pasar perdana.

“Pasar sekunder ini merupakan momentum besar bagi pengguna Santara, terlebih berdasarkan aturan POJK 57, pasar sekunder equity crowdfunding (ECF) hanya dapat dilakukan dua kali dalam setahun, sehingga ini merupakan kesempatan bagi para investor (pengguna) untuk exit ataupun memperkaya portofolio saham bisnis yang sudah terbukti survive,” ujar Avesena Reza, CEO Santara dalam siaran pers, Kamis (18/3).

Dia pun menambahkan bahwa pasar sekunder Santara akan diisi oleh 13 bisnis atau penerbit saham. Ketigabelas UKM ini berasal dari berbagai industri, seperti peternakan, perikanan, food and beverage, kecantikan, dan sebagainya.

Penerbit yang akan masuk dalam pasar sekunder adalah penerbit yang sudah memenuhi syarat berdasarkan aturan dan kebijakan dari OJK. Di antaranya, sudah listing di Santara selama minimal 1 tahun atau lebih, memenuhi syarat administrasi, dan sudah memasuki dua periode pembagian dividen. “Dengan jumlah penerbit yang ikut serta pada pasar sekunder ini membuat Santara memiliki pasar sekunder yang terbesar dalam industri ECF di Indonesia,” tambah Avesena.

Transaksi saham UKM di pasar sekunder Santara ini akan dilakukan melalui aplikasi Santara, baik itu di Android maupun iOS. Nantinya, para pengguna yang sudah terverifikasi data dirinya dapat membeli saham UKM yang diminati. Pengguna juga dapat menjual dan membeli saham di pasar sekunder pada hari Senin sampai Jumat di jam operasional pukul 09.00-17.00 WIB.


sumber : https://investasi.kontan.co.id/news/platform-equity-crowdfunding-santara-membuka-pasar-sekunder-mulai-hari-ini 

0 comments:

Post a Comment