Tuesday, January 5, 2021

Kemenkop Targetkan 100 Koperasi Modern Tiap Tahun

Kementerian Koperasi dan UKM menyebut ada tantangan koperasi masuk bagian rantai pasok yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Khususnya pada sektor riil yang memiliki daya ungkit tinggi.

SEBAB itu, Kemenkop UKM akan mengoptimalkan stra­tegi transformasi koperasi modern pada 2021 sebagai upaya meningkatkan kese­jahteraan masyarakat melalui peran koperasi.

“Koperasi harus menjadi bagian dalam sirkuit ekonomi, dengan model Inclusive clo­sed loop melalui kemitraan yang melibatkan UMKM, koperasi, perbankan, dan offtaker yang terhubung dengan rantai pasok bisnis,” ujar Deputi Bidang Pengawa­san Kemenkop UKM Ahmad Zabadi dalam keterangan tertulis pada Minggu (3/1).

Ia berharap koperasi mampu meningkatkan kontribusi ter­hadap Produk Domestik Bruto (PDB) per tahunnya hingga mencapai 5,1 persen hingga 5,5 persen pada 2024. Selain itu, ditargetkan terben­tuk seratus koperasi baru yang modern dan berbasis digital per tahun hingga mencapai 400 unit pada akhir 2024 se­suai amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019-2024.

Kemenkop UKM mendorong transformasi koperasi men­jadi semakin modern dari kondisinya saat ini yang cen­derung masih berjumlah ba­nyak tapi skalanya kecil, ber­diri sendiri, dan nilai tambah­nya kecil. Karena itu, Ke­menkop UKM telah menyi­apkan strategi untuk menca­pai target tesebut.

Salah satunya dengan menge­nalkan model koperasi multi­pihak sebagai pilihan bagi masyarakat yang ingin berhim­pun dalam wadah koperasi untuk mengagregasi kepen­tingan berdasarkan manfaat yang adil dan wajar bagi setiap kelompok. 

sumber : https://www.metropolitan.id/2021/01/kemenkop-targetkan-100-koperasi-modern-tiap-tahun/

0 comments:

Post a Comment