Thursday, December 3, 2020

Ini Langkah-Langkah Bagi Pelaku UMKM untuk Mempercepat Transformasi Digital

 Salah satu langkah tersebut adalah pelaku usaha juga harus menjadikan digital sebagai model bisnis utama.


Bisnis.com, JAKARTA -- Transformasi digital menjadi penting saat ini dilakukan oleh pelaku usaha baik skala mikro hingga besar. Akan tetapi banyak yang masih belum sadar sehingga lambat berkembang dan kesulitan apabila alami tekanan seperti pandemi Covid-19.

Peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance, Aviliani mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan pelaku usaha untuk mengikuti perkembangan zaman. Pertama, menciptakan nilai baru.

“Dengan era percepatan ini ternyata banyak pelaku ekonomi belum siap. Sehingga bisa jadi mereka akan tertinggal. Khususnya UMKM perlu ada pendampingan percepatan. Kalau tidak, harusnya mereka bisa cepat tapi jadi lambat karena tidak bisa memanfatkan,” katanya melalui diskusi virtual, Rabu (21/10/2020).

Aviliani menjelaskan bahwa pelaku usaha juga harus menjadikan digital sebagai model bisnis utama. Alasannya jual-beli daring saat ini terus meningkat.

Berbicara digitalisasi, rantai pasok untuk produksi dan permintaan mau tidak mau perlu dikelola dan tangguh. Hal tersebut menjadi dimensi ketiga.

“Ini dibutuhkan ekosistem dan kolaborasi. Karena kalau tidak ada, tidak ada kesatuan dan tidak akan sukses,” jelasnya.

Keempat, adanya keputusan di saat itu juga (real time). Ini bisa terjadi kalau data yang dimiliki bisa diakses kapan saja. Dari situ, efek selanjutnya dapat mengambil langkah investasi yang tepat.

“Model kolaborasi yang dihasilkan dari transformasi digital dapat mengurangi potensi terjadinya kegagalan,” ucapnya.

SUMBER: https://ekonomi.bisnis.com/read/20201021/9/1308108/ini-langkah-langkah-bagi-pelaku-umkm-untuk-mempercepat-transformasi-digital

0 comments:

Post a Comment