Tuesday, February 25, 2020

BRI dan Sarinah Dorong UMKM Indonesia Go Global

UMKM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Sarinah (Persero) terkait pelatihan kepada 55 UMKM binaan Sarinah. Adapun kerja sama untuk memajukan UMKM di Indonesia agar mampu bersaing secara global. Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan kegiatan ini merupakan upaya perseroan untuk mendukung Sarinah menjadi pusat perbelanjaan yang khusus menjual produk UMKM unggulan di Indonesia.

“Ini sesuai dengan strategi BRI yang terus berusaha meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pelaku UMKM utamanya secara digital, sehingga mampu bersaing di pasar internasional,” ujarnya dalam keterangan tulis di Jakarta, Ahad (23/2). 

Menurutnya UMKM binaan Sarinah mendapatkan pelatihan terkait peningkatan kapasitas, sehingga memiliki orientasi dan strategi ekspor impor serta pemahaman prosedur dan regulasi ekspor-impor. BRI juga melakukan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai upaya untuk mendekatkan akses pembiayaan terhadap UMKM binaan Sarinah.

“Ini juga salah satu strategi BRI dalam kaitannya memperbesar penyaluran KUR ke sektor produksi pada tahun ini,” ucapnya.

Sementara Direktur Retail Sarinah Lies Permana Lestari menambahkan kerja sama ini sesuai arahan pemerintah yang ingin menjadikan PT Sarinah (Persero) melalui Sarinah The Window of Indonesia sebagai mal bagi produk-produk UMKM dalam memasarkan produknya. 

“BRI dan Sarinah mempunyai komitmen dan misi yang sama untuk mendukung dan mendorong ekonomi Indonesia berbagai upaya yaitu memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM, untuk meningkat kualitas produknya yang berorientasi ekspor,” ucapnya.

Sebagai bank yang memiliki komitmen untuk memberdayakan UMKM di Indonesia, BRI memiliki berbagai program dalam kaitannya mendorong pelaku UMKM memiliki orientasi ekspor (go global), program tersebut di antaranya BRIncubator dan BRILian Preneur. BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM secara digital dan fokus pada validasi ekspor, sehingga mampu Go-Modern, Go-Digital, Go-Online dan Go Global. 

Pada akhir tahun lalu BRI telah menggelar BRILian Preneur, pameran atau expo dengan menampilkan hasil produk UMKM binaan Bank BRI. Tak hanya pameran, dalam acara tersebut juga menyuguhkan acara Business Matching, Talkshow, UMKM Award, Barista Competition, Artist Performance, hingga Art Instalation. 
Melalui acara tersebut, BRI berhasil memfasilitasi UMKM sebanyak 23 kontrak pembelian dengan total dealing amount sebesar 33,5 juta dolar As atau sekitar Rp 495 miliar.

0 comments:

Post a Comment