Thursday, January 23, 2020

Yuk, Ikut Voting! Ini 9 Kandidat Nama untuk Robot Penjelajah Mars 2020

Yuk, Ikut Voting! Ini 9 Kandidat Nama untuk Robot Penjelajah Mars 2020

Yuk, Ikut Voting! Ini 9 Kandidat Nama untuk Robot Penjelajah Mars 2020
Suara.com - NASA berencana untuk meluncurkan robot penjelajah baru yang disebut Mars 2020 pada Juli mendatang. Robot yang disebut sebagai penerus dari Curiosity, penjelajah yang sebelumnya mendarat pada tahun 2012 silam di Mars, memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pendahulunya.
Namun, NASA belum memutuskan nama untuk penjelajah Mars terbaru itu. Sebelumnya, badan antariksa telah meminta para siswa di Amerika Serikat untuk berkontribusi memberikan nama untuk Mars 2020. NASA telah mengumumkan 155 semifinalis dan sekarang telah dipilih kembali sebanyak sembilan nama yang keluar sebagai finalis.
Berikut sembilan penamaan untuk Mars 2020 sekaligus nama siswa yang mengajukan:
1. Endurance oleh Oliver Jacobs dari Virgina
2. Tenacity oleh Eamon Reilly dari Pennsylvania
3. Promise oleh Amira Shanshiry dari Massachusetts
4. Perseverance oleh Alexander Mather dari Virginia.
5. Vision oleh Hadley Green dari Mississippi.
6. Clarity oleh Nora Benitez dari California
7. Ingenuity oleh Vaneeza Rupani dari Alabama.
8. Fortitude oleh Anthony Yoon dari Oklahoma
9. Courage oleh Tori Gray dari Louisiana
NASA juga memperbolehkan siapapun dari belahan dunia manapun untuk memilih satu di antara sembilan masukan penamaan tersebut. Pemilih dapat mengakses situs go.nasa.gov/name2020 untuk melakukan pemilihan. Pemungutan suara akan ditutup pada 28 Januari mendatang.
"Setelah pemungutan suara ditutup, sembilan finalis akan membahas nama-nama penjelajah yang mereka pilih dalam sebuah panel yang akan dihadiri Direktur Divisi Planetary Science NASA Lori Glaze, astronot NASA Jessica Watkins, dan para ahli lainnya," tulis NASA dalam sebuah postingan blog, seperti dikutip dari Space.com.
Sebelum memilih penamaan untuk Mars 2020, pemilih dapat membaca esai singkat yang ditulis para siswa mengenai alasan menggunakan nama tersebut. Saat berita ini ditulis, pemungutan suara terbanyak disumbang oleh pemilih dari Amerika Serikat sebanyak 41.576 suara. Sementara Indonesia menjadi negara ke-27 dengan sumbangan suara sebanyak 171.
NASA akan mengumumkan pemenang akhir pada 18 Februari mendatang. Pemenang akan mendapatkan undangan untuk melihat peluncuran pesawat ruang angkasa pada Juli 2020 dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

0 comments:

Post a Comment