Tuesday, January 21, 2020

Demi Suksesnya Revolusi Industri 4.0, Kominfo Fokus Dua Hal

Demi Suksesnya Revolusi Industri 4.0, Kominfo Fokus Dua Hal

Image
AKURAT.CO Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku pada 2020 pihaknya fokus mempersiapkan regulasi dan infrastruktur untuk mendukung revolusi industri 4.0.
Menteri Kominfo Johnny G Plate menjelaskan, salah satu hal yang saat ini harus dipersiapkan adalah memastikan regulasi sesuai dan sejalan dengan kebutuhan industri.
"Termasuk di dalamnya regulasi tentang PDP, atau Indonesian General Data Protection Regulation (GDPR). Kita sudah menyiapkannya dengan Benchmark berbagai GDPR yang ada di dunia saat ini," ujar Johnny usai menghadiri acara Indonesia Milenial Summits, Sabtu (18/1/2020), di Jakarta.
Di sisi lain, Pihaknya juga membangun infrastruktur di seluruh Indonesia yang menyentuh berbagai lapisan masyarakat, termasuk di wilayah tertinggal terdepan, dan terluar (3T).
Hal tersebut menjadi cara untuk mendekatkan petani, nelayan, hingga peternak ke pasar digital dengan adanya akses internet.
"Bagaimana infrastruktur fiber optic, Base Transceiver Station (BTS) yang ada, sampai di titik terdepan di mana rakyat kita berada," ungkapnya.
Johnny menambah, pemerintah juga tengah bekerjasama menciptakan talenta digital dengan menjalankan program pengembangan sumber daya manusia.
Pasalnya, pada 2035 mendatang Indonesia membutuhkan sekitar sembilan juta tambahan talenta digital.
"Saat ini, tantangan yang paling besar bagi Indonesia adalah gap antara digital talent demand dan digital talent supply. Permintaan dan penawarannya harus bisa kita penuhi," pungkasnya.[]

0 comments:

Post a Comment