Tuesday, June 11, 2024

DPR: Transformasi digital harus bermanfaat langsung ke rakyat ASEAN

 


Jakarta (ANTARA) -

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyatakan bahwa transformasi digital berkelanjutan harus membawa manfaat langsung dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat di seluruh Asia Tenggara atau ASEAN.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudiana mengatakan hal itu pun perlu dikhususkan bagi masyarakat yang termarjinalkan dan tidak memiliki akses terhadap finansial.

"Transformasi itu harus menyentuh kepada sisi-sisi masyarakat yang termarjinalisasi, dan juga masyarakat yang juga sebelumnya mungkin unbankable," kata Putu dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin.

Adapun Putu menyampaikan hal itu untuk mewakili parlemen Indonesia dalam kegiatan forum tripartit bertajuk ASEAN's Digital Economy & Cyber Resilience di Brunei Darussalam.

Dia mengatakan walaupun pembahasan dalam forum tersebut lebih mengarah pada ketangguhan atau keamanan bidang siber, namun parlemen negara-negara di ASEAN juga harus mendorong pemerintah agar menjadikan transformasi digital itu sebagai tujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya sesi konferensi dalam forum tersebut, dia pun berharap kepada seluruh pihak membuat masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap finansial untuk juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Di samping itu, dia juga mengatakan dukungan semua pihak bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menghadapi digitalisasi di segala sektor sangat dibutuhkan potensi ekonomi digital yang besar.

Untuk itu, dia pun ingin agar transformasi digital berkelanjutan tidak hanya menguntungkan korporasi besar, tetapi juga bisnis kecil dan masyarakat luas. Menurutnya sinergi yang baik antara parlemen, pemerintah dan sektor swasta mampu mendorong transformasi digital berkelanjutan.


Sumber; https://www.antaranews.com/berita/4146321/dpr-transformasi-digital-harus-bermanfaat-langsung-ke-rakyat-asean

0 comments:

Post a Comment