Wednesday, May 29, 2024

Enablr.ID Gandeng Alibaba Demi Bawa UKM Indonesia ke Global

 


Jakarta - Enablr.ID, penyedia solusi ecommerce mendapat sertifikasi channel partner dari Alibaba di Indonesia, yang dilakukan untuk memperbesar peluang usaha kecil menengah (UKM) Indonesia masuk ke pasar global.


Kontribusi Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap perekonomian Indonesia yakni memiliki kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja serta dapat menghimpun sampai 60,42% dari total investasi. Namun demikian, berdasarkan data Kementerian Perindustrian pada 2021, kemampuan ekspor UMKM masih terbatas sekitar 14,37% dari total ekspor serta pemanfaatan e-commerce juga masih rendah yaitu sekitar 21%.

Untuk itulah, merambah pasar global adalah hal krusial untuk pertumbuhan yang berkelanjutan dari UKM indonesia, juga mengurangi ketergantungan dari pasar domestik.

Alibaba.com, salah satu wholesale marketplace terbesar di dunia dengan lebih dari 20 tahun pengalaman, telah memainkan peran penting dalam memfasilitasi perdagangan business-to-business (B2B). Sertifikasi Enablr.ID sebagai Alibaba.com Channel Partner menegaskan komitmen perusahaan untuk memanfaatkan platform luas Alibaba.com guna mendukung perusahaan Indonesia dalam mengembangkan bisnis mereka secara internasional.

"Sertifikasi ini merupakan bukti dari komitmen kami yang tak tergoyahkan untuk membantu UKM Indonesia memanfaatkan kekuatan eCommerce untuk mencapai pasar baru dan meningkatkan nilai ekspor mereka. Dengan dukungan platform yang kuat dari Alibaba.com, kami siap mendukung klien kami dalam menghadapi kompleksitas perdagangan global," kata Yohan Christian, CEO Enablr.ID, dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (29/5/2024).

Sertifikasi Alibaba.com Channel Partner ini memungkinkan Enablr.ID untuk menawarkan rangkaian solusi lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM dan perusahaan di Indonesia.

Solusi ini mencakup dukungan komprehensif dalam memanfaatkan feature iklan dan subscription yang ada di platform Alibaba.com, yang penting untuk meningkatkan traffic toko dan mendorong penjualan di platform.

"Dengan menjadi Alibaba.com Channel Partner, Enablr.ID akan memainkan peran penting dalam menurunkan entry barrier bagi perusahaan Indonesia untuk memulai ekspor. Kami sangat bersemangat dengan kemitraan ini dan potensi yang ada untuk meningkatkan nilai ekspor perusahaan-perusahaan di Indonesia melalui platform kami," kata Jessie Lee, Country Manager Indonesia, Alibaba.com.


Sumber: https://inet.detik.com/business/d-7364296/enablr-id-gandeng-alibaba-demi-bawa-ukm-indonesia-ke-global

0 comments:

Post a Comment