Wednesday, April 17, 2024

KB Bank Dapat Dana Segar US$ 300 Juta dari KDB

 

PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank bakal memperoleh fasilitas pinjaman dari Korea Development Bank (KDB) saat memasuki kuartal II 2024. Hal itu mengemuka setelah melakukan penandatanganan fasilitas pinjaman jangka panjang senilai US$ 300 juta.

Robby Mondong, Wakil Direktur Utama KB Bank mengatakan fasilitas pinjaman jangka panjang dari KDB akan memperkuat pendanaan perusahaan sehingga mendukung upaya perseroan dalam melakukan ekspansi kredit, khususnya untuk segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UKM) dan ritel yang menjadi fokus pada tahun 2024.

“Kolaborasi antara KB Bank dengan Korea Development Bank ini turut didukung oleh induk usaha KB Bank melalui jaminan berupa Standby Letter of Credit (SBLC) yang diterbitkan oleh KB Kookmin Bank Co., Ltd,” kata Robby dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Pada tahun ini, KB Bank terus mendorong pertumbuhan bisnis dengan menjadikan segmen wholesale sebagai anchor serta memperluas ekosistem pada segmen UKM dan ritel. Pada tahun 2023, segmen wholesale tumbuh sebesar hampir 14% dengan pertumbuhan kredit baru pada segmen ini sekitar 18% yang turut didorong pertumbuhan pada Korean Link Business lebih dari dua kali lipat.

Kolaborasi antara KB Bank dan KDB mencerminkan konvergensi visi strategis dan komitmen bersama untuk memperkuat stabilitas keuangan dan pertumbuhan. Perjanjian tersebut tidak hanya memperkuat posisi keuangan KB Bank tetapi juga menegaskan kemitraan yang berkesinambungan antara kedua institusi dalam mendorong kemajuan ekonomi.

Sebagai informasi, KDB merupakan pilar pembangunan ekonomi di Korea Selatan yang beroperasi di bawah pengawasan langsung Pemerintah Korea Selatan. Dengan mandat untuk menjaga solvabilitas institusi, Korea Development Bank telah meraih pengakuan internasional.

Adapun KB Bank sendiri, mayoritas komposisi kepemilikan saham dipegang oleh KB Kookmin Bank sebesar 66,88%. Posisi KB Kookmin Bank yang kuat di Korea Selatan diyakini dapat mendukung pengembangan KB Bank.

Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/04/kb-bank-dapat-dana-segar-us-300-juta.html

0 comments:

Post a Comment