Jakarta: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berulang kali menyampaikan arahan khususnya di G20 tahun 2022 kepada para pemangku kepentingan terkait percepatan transformasi digital usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Pemerintah menargetkan 30 juta UMKM masuk dalam ekosistem digital pada 2024.
Sektor UMKM tercatat memberikan kontribusi lebih dari 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sebanyak 70,2 persen UMKM menghadapi kendala saat bertransformasi memanfaatkan teknologi digital. Kendala tersebut berupa kesulitan akses permodalan, ketersediaan bahan baku, dan kesulitan mengadopsi teknologi digital. Oleh sebab itu diperlukan dukungan seluruh stakeholder mendorong peningkatan UMKM dari berbagai sektor bersama mitra UMKM agar menuju Go Digital, Go Global dan Go Green.
Dalam upaya memacu UMKM lebih berkembang, Obsession Media Group (OMG) Communication yang merupakan bagian dari OMG, menyelenggarakan UMKM SUMMIT 2024. Kegiatan tersebut telah dilakukan sejak 2021 berbasis digital/virtual. UMKM SUMMIT 2024 digelar secara hybrid dengan konsep acara berupa seminar dan penyerahan awards kepada para pelaku UMKM pada Kamis, 7 Maret 2024.
Dalam rangka memberikan apresiasi kepada UMKM atas inovasi, dedikasi pelaku UMKM, serta sumbangsih terhadap bangsa dan negara, OMG Communication memberikan penghargaan UMKM SUMMIT Awards 2024. Hal ini bertujuan mendorong perkembangan ekonomi lokal, memotivasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk atau layanan agar dapat menjadi pilihan utama pelanggan Indonesia, dan dapat menembus pasar global melalui perdagangan ekspor dan e-commerce.
Adapun penetapan pemenang UMKM SUMMIT Awards 2024 setiap kategori dilakukan oleh OMG Chief Editor Club bekerja sama dengan Indonesia Research and Survey (IReS).
Dalam rangkaian dari UMKM SUMMIT Awards juga akan diselenggarakan seminar bertema “UMKM sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” dengan subtema Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan; UMKM Muda Go Global, Kendala & Solusinya; Melalui Digital, UMKM Naik Kelas; Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM Menuju Go Digital, Go Global dan Go Green.
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan akan tampil sebagai pembicara pembuka pada UMKM
SUMMIT 2024. Di acara ini terdapat tiga pembicara kunci, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah, serta Kepala Departemen Pengembangan UMKM, dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Yunita Resmi Sari. Jalannya acara dipandu Nurul Kamila Aswan (TV National Anchor).
Pembicara sesi 1 “Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan” adalah Ketua Umum DPN APINDO Shinta Kamdani, Direktur Eksekutif LPS Ary Zulfikar, SVP Marketing Group Head JNE Eri Palgunadi, dan CEO of Maka Group & Founder Toko Kopi Tuku Andanu Prasetyo.
Pembicara sesi 2 “UMKM Muda Go Global, Kendala & Solusinya” yakni Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, Ketua Umum Womenpreneur BPP HIPMI Melissa A Hamid, dan CEO BroilerX Prastyo Ruandhito.
Pembicara sesi 3 “Melalui Digital, UMKM Naik Kelas” diisi oleh CEO MyRepublic Timotius M Sulaiman, CEO PT Nina Nugroho International Nina Nugroho, dan Senior Vice President Retail PT Pos Indonesia (Persero) W Lily Selanno.
Pembicara sesi 4 “Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM Menuju Go Digital, Go Global dan Go Green” yakni Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga
Kementerian Perdagangan Fajarini Puntodewi, Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina
(Persero) Fajriah Usman, dan SVP PT Bank Central Asia Tbk Tjoeng Haryanto.
Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/03/umkm-summit-2024-digelar-hybrid.html
0 comments:
Post a Comment