Thursday, March 28, 2024

Transformasi Digital untuk UKM Kini Makin Terjangkau

 

Pemanfaatan teknologi digital untuk membantu pengembangan bisnis sudah semakin umum dilakukan. Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), transformasi digital pun menjadi anjuran yang terus digaungkan untuk meningkatkan daya saing.

Pemerintah juga telah menetapkan beberapa target untuk pengembangan UMKM nasional ke depannya, seperti 24 juta UMKM harus on boarding di 2023 dan 30 juta di 2024. Kemudian membentuk 500 unit koperasi modern berbasis digital di 2024, serta meningkatkan kontribusi ekspor UMKM hingga 17 persen pada 2024.

Indibiz, ekosistem solusi digital usaha milik Telkom Indonesia terus berkomitmen memajukan UKM di Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan dengan dukungan konektivitas andal yang menjadi backbone proses digitalisasi bisnis serta ragam solusi platform atau aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Vice President Enterprise Business Orchestration, Telkom Indonesia, Iwan Rusdarmono menjelaskan, ragam solusi digital melalui platform dan aplikasi yang Indibiz hadirkan diharapkan mampu membawa UKM di Indonesia semakin go digital dan dapat bersaing di tingkat global.


“Untuk menjangkau solusi digital ke suluruh UKM di Indonesia, di Ramadhan kali ini kami memberikan promo spesial, paket Rafi untuk 100 pelanggan dengan hadiah eksklusif dari Indibiz,” jelas Iwan.

Paket Rafi dari Indibiz terdiri dari paket berlangganan High Speed Internet Business to Business (HSI B2B) dengan bundling solusi platform dan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan UKM. Seperti Paket Rafi OCA yang dapat meningkatkan penjualan dengan cepat dan berkomunikasi dengan konsumen secara efisien. Dengan berlanggan paket HSI B2B + OCA, UKM bisa mendapatkan gratis akses satu license OCA interaction lite selama tiga bulan," ujar Iwan.

Kemudian, Paket Rafi Netmonk, solusi untuk memonitor jaringan dalam satu aplikasi dengan mudah. UKM yang berlangganan paket HSI B2B + Netmonk ini, berkesempatan mendapatkan hadiah berupa merchandise earbuds.

Ada juga paket Rafi IPTV yang memberikan fasilitas hiburan lengkap agar hubungan pengusaha dengan pelanggan makin interaktif. Bagi UKM yang berlangganan paket HSI B2B + IPTV ini, mendapat manfaat berlangganan gratis selama satu bulan untuk saluran terbuka New IndiMovie 1.

"Kami memahami pentingnya teknologi dan solusi digital bagi kesuksesan bisnis UKM. Melalui program ini, Indibiz ingin memberikan tools digital dan pelatihan human capital untuk mendukung bisnis UKM yang semakin kompetitif,” jelas Iwan.

Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/03/transformasi-digital-untuk-ukm-kini.html

0 comments:

Post a Comment