Sunday, March 24, 2024

Satelit Starlink Elon Musk Bakal Uji Coba di IKN Mulai Bulan Mei hingga Sasar Hal Ini, Menkominfo: Bisa Mengatur Masyarakat untuk ...

 

AYOBANDUNG.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi telah mengumumkan bahwa satelit Starlink yang dimiliki oleh Elon Musk akan memulai uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada bulan Mei 2024.


Pernyataan ini disampaikan dalam acara Buka Puasa Bersama di Kantor Kominfo pada Kamis, 21 Maret 2024.

Menurut Budi Arie, saat ini Starlink masih dalam proses memenuhi izin terkait reulasi sebelum dapat menyalurkan internet di IKN.

"Bulan Mei rencananya akan uji coba di IKN," kata Budi Arie dikutip dari Suara

Satu hal yang perlu dipenuhi oleh Starlink adalah mengakomodasi pasar ritel atau langsung ke konsumen (business to customer/B2C).

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi Starlink apabila ingin beroperasi di Indonesia.

Budi Arie menjelaskan bahwa satelit Starlink harus memiliki pusat operasi jaringan (network operation center/NOC) dan mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

"Ya Starlink selama memenuhi NOC di Indonesia, regulasi di Indonesia ya kami beri kesempatan," ujar Budi Arie.

Dengan adanya NOC di Indonesia, Budi Arie berharap pemerintah dapat mengatur konten-konten yang beredar dari pengguna internet Starlink.

Apabila ada konten negatif, pemerintah akan dapat mengatasi hal tersebut dengan cepat.

"Pokoknya selama kalian NOC-nya di Indonesia, pemerintah punya alat untuk mendeteksi dan mengontrol berbagai konten negatif yang dimungkinkan dari penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia," tambahnya.

Dengan demikian, langkah-langkah ini menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia memiliki perhatian yang serius terhadap masuknya Starlink ke pasar telekomunikasi di Indonesia dan akan memastikan bahwa semua operasi mematuhi aturan yang berlaku serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan. ***

Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/03/satelit-starlink-elon-musk-bakal-uji.html

0 comments:

Post a Comment