Monday, March 18, 2024

Account Executive Adalah: Tugas, Skills, dan Jenjang Kariernya

 

mungkin masih banyak yang belum mengetahui profesi account executive (AE). Padahal, lowongan pekerjaan sebagai account executive seringkali muncul di portal pencari kerja. Banyak juga orang yang mengira bahwa account executive dan sales adalah pekerjaan yang sama.

Account executive adalah seseorang yang bertugas untuk menangani klien. Apa saja tugas dan skill dari account executive? Bagaimana tips untuk menjadi account executive yang sukses? Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya!

Pengertian Account Executive
Account executive adalah orang yang bertugas untuk menjaga hubungan baik dengan klien agar bisnis perusahaan berjalan dalam jangka panjang. Biasanya mereka juga masuk dalam tim sales dan marketing.

Dilansir laman Links International, kewajiban account executive adalah membangun kepercayaan klien agar mereka terus melanjutkan kerja sama atau melakukan pembelian di masa mendatang.

Banyak orang yang mengira bahwa tugas sales, marketing, dan account executive itu sama, padahal ada beberapa perbedaan di antara ketiganya.

Tim sales bertugas untuk menjual langsung produk dan jasa perusahaan, tim marketing bertugas untuk membuat strategi penjualan yang baik, sementara account executive lebih cenderung menjalin hubungan jangka panjang dengan klien.

Walaupun tugasnya bukan berjualan secara langsung seperti tim sales, namun account executive harus tetap memastikan target atau sasaran penjualan perusahaan terpenuhi.

Tugas dan Tanggung Jawab dari Account Executive
Tugas utama account executive adalah bertanggung jawab terhadap hubungan bisnis perusahaan. Supaya hubungan bisnis berjalan dengan lancar, inilah deskripsi tugas yang harus dilakukan account executive:

1. Memperluas Jaringan Klien
Seorang account executive akan selalu berhadapan dengan klien, mengingat itu adalah tugas utama mereka. Bukan hanya menjaga relasi dengan klien lama, account executive juga harus mencari klien baru untuk bekerja sama dengan perusahaan. Bukan tidak mungkin, account executive akan ditugaskan menawarkan proposal kerja sama ke perusahaan lain.

2. Menjaga Kepuasan Klien
Account executive juga harus memastikan bahwa klien merasa puas dan senang bekerja sama dengan perusahaan. Maka dari itu, seorang account executive harus memiliki pembawaan yang hangat, solutif, dan mengerti keinginan klien.

Salah satu caranya adalah dengan rutin meminta feed back tentang pelayanan atau produk perusahaan. Dengan begitu, klien akan merasa dihargai pendapatnya.

3. Menangani Keluhan
Sebagai orang yang bertugas menangani banyak orang, tak jarang account executive akan terkena komplain. Maka dari itu, kita harus mengetahui proses mulai dari awal klien bergabung dengan perusahaan.

Walaupun komplainnya tidak masuk akal, account executive harus tetap menanganinya dengan baik dan memberikan win-win solution.

4. Menganalisa Perilaku Klien
Analisa perilaku klien berguna untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Dari data ini, kita bisa menentukan layanan atau produk yang paling ideal, dan menghapus yang kurang disukai.

Skills atau Keahlian yang Harus Dimiliki Account Executive
Jika dilihat dari tugas-tugas yang dijalani, kemampuan yang harus dimiliki account executive adalah:

1. Kemampuan Komunikasi
Tentunya seorang account executive harus memiliki kemampuan komunikasi dan public speaking yang bagus. Ketika mencari klien baru, account executive harus mempresentasikan mengenai produk atau layanan yang dimiliki perusahaan, serta membuat klien yakin untuk bekerja sama.

2. Problem Solving
Seorang account executive diminta untuk tanggap dan cepat dalam memberikan solusi saat ada masalah, terutama saat klien komplain. Solusi tersebut juga harus mempertimbangkan kenyamanan klien tapi tetap tidak merugikan perusahaan.

3. Mengerti Teknik Penjualan
Walaupun tugasnya bukan berjualan secara langsung, account executive harus mengerti cara menarik klien untuk bekerja sama. Maka dari itu, account executive juga harus paham cara kerja tim sales dan marketing.

4. Kemampuan Negosiasi
Dalam suatu diskusi, klien bisa saja membuka penawaran dan bernegosiasi. Seorang account executive harus bisa mengatasi hal tersebut dengan baik. Hasil negosiasi harus sama-sama menguntungkan, baik untuk klien maupun perusahaan.

5. Manajemen Proyek
Seorang account executive harus bisa menangani banyak klien dengan karakter yang berbeda-beda. Maka dari itu, account executive harus memiliki strategi yang tepat untuk menangani permasalahan dan memenuhi keinginan masing-masing klien.

Jenjang Karier dan Prospek Kerja Account Executive
Bagi lulusan baru, biasanya akan mengawali karier pada posisi sales representative, atau junior account executive. Setelah itu, barulah naik posisi ke account executive. Dalam 3-4 tahun ke depan, jenjang karier selanjutnya adalah account manager, sales director, dan head of sales.

Tips Menjadi Seorang Account Executive yang Sukses
Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar menjadi seorang account executive yang sukses:

Pertajam keterampilan komunikasi dan presentasi
Latih kemampuan organisasi data
Asah kemampuan intrapersonal, terutama dalam membangun hubungan dengan klien
Latih kemampuan teknik penjualan dan negosiasi
Miliki kemampuan manajemen proyek yang baik
Mampu berpikir kritis, strategis, dan perhatian dengan detail
Belajar menangani komplain dan manajemen risiko
Dapatkan sertifikasi dalam bidang penjualan
Mengenyam pendidikan di jurusan komunikasi, pemasaran, atau administrasi bisnis
Sebenarnya, tidak ada kriteria jurusan tertentu untuk menjadi account executive. Namun, berdasarkan data dari Glassdoor, kebanyakan orang yang bekerja sebagai account executive adalah lulusan ilmu komunikasi, pemasaran, atau administrasi bisnis.

Walaupun begitu, skill untuk menjadi account executive sebenarnya masih bisa diasah secara autodidak.

Itulah garis besar informasi mengenai account executive dan tugasnya. Pekerjaan ini cocok sekali untuk Anda yang senang berkomunikasi dan membangun relasi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Sumber: https: https://www.startsmeup.id/2024/03/account-executive-adalah-tugas-skills.html

0 comments:

Post a Comment