Dalam memulai suatu bisnis, tentu ada istilah-istilah yang wajib untuk kamu ketahui agar bisnismu berjalan lancar dan sukses. Sebagai panduan, ini dia 10 istilah bisnis yang wajib kamu pahami sebagai seorang entrepreneur. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di sin!
Brand, Branding, Brand Awareness
Ketiga istilah ini seringkali dianggap sama. Padahal ketiganya berbeda, lho.
Brand: Tanda atau merek yang melekat pada sebuah bisnis baik itu dari sisi identitas (nama, bentuk, warna, logo), reputasi, dan persepsi publik
Branding:Strategi yang terdiri dari riset, pengembangan, dan penerapan hal pembeda yang melekat pada produk yang kamu jual dengan produk pesaing.
Brand Awareness: Istilah ini merujuk pada kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat suatu brand dengan hanya melihat logo, warna, image, atau berbagai hal lain yang berkaitan dengan brand tersebut.
Utang Usaha
Ia merupakan pinjaman dari bank atau pihak lain yang nantinya bakal digunakan untuk mengembangkan bisnis.
Business to Business (B2B)
B2B adalah singkatan dari Bisnis ke Bisnis. Ini adalah jenis bisnis di mana transaksi terjadi antara berbagai bisnis tanpa interaksi dengan pelanggan.
Stakeholder
Istilah ini merujuk pada orang-orang dalam bisnis yang dipengaruhi oleh kebijakan, operasi, dan tujuan perusahaan atau bisnis. Singkatnya, stakeholder sering dikenal sebagai pemangku kepentingan. Mereka bisa terdiri dari karyawan, kreditor, pemegang saham, maupun investor.
Anggaran Dasar
Ini adalah dokumen hukum yang menetapkan peraturan bersama dengan misi dan tujuan perusahaan. Dokumen ini berfungsi sebagai cahaya penuntun untuk bisnis apa pun yang dengan jelas menyatakan prinsip-prinsip yang menjadi dasar pendirian perusahaan.
Akuisisi
Secara makro, akuisisi dapat diartikan sebagai pengalihan sebagian besar aset kepemilikan perusahaan ke perusahaan lainnya yang umumnya lebih dari 50%.
Namun secara mikro, akuisisi bisa diartikan sebagai tahapan dimana konsumen memutuskan untuk membeli produk yang kamu jual.
Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah model iklan di mana perusahaan memberikan sejumlah uang atau kompensasi kepada pihak ketiga untuk menghasilkan traffic yang mengarah ke produk-produk perusahaan lewat link belanja atau konten.
Consumer Relationship Management (CRM)
CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk mengetahui pola perilaku konsumen terhadap aktivitas penjualan mulai dari pra penjualan, transaksi, hingga pasca penjualan.
Profitni
Profit adalah keuntungan yang direalisasikan setelah pendapatan dikurangi dengan semua pengeluaran atau biaya, termasuk di dalamnya beban pajak.
Cash Flow
Dalam bahasa Indonesia, cash flow berarti laporan arus kas. Dokumen ini terdiri dari penerimaan dan pengeluaran kas bisnis dalam periode tertentu.
Laporan arus kas penting bagi suatu badan usaha untuk memantau keuangan agar kegiatan operasional bisnis tetap terkendali.
Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/03/10-istilah-bisnis-pemula-wajib-tahu.html
0 comments:
Post a Comment