Wednesday, January 26, 2022

Ini Cara Menyiasati Naiknya Harga Bahan Baku agar Bisnis Tetap Jalan

 Belakangan ini harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan. Bagi pelaku UMKM, naiknya harga bahan baku tentu akan turut memengaruhi kinerja bisnis.

Karenanya, perlu sejumlah strategi agar bisnis yang dijalankan bisa tetap bisa berjalan optimal meskipun harga bahan baku mengalami kenaikan. Apa saja strategi itu?


1. Menurunkan Jumlah Produk

Jika kamu belum memiliki pelanggan tetap yang banyak, strategi ini bisa kamu lakukan. Pemangkasan jumlah produk bisa dilakukan agar kualitas produk tetap bisa dipertahankan.

Jika pilihan ini yang diambil, kamu juga bisa menyesuaikan biaya produksi yang dikeluarkan.

2. Mempertahankan Kuantitas Produk, tapi Mengurangi Spesifikasi

Apabila kamu sudah punya pelanggan yang loyal, pilihan lain yang bisa diambil adalah tetap mempertahankan jumlah produksi, namun mengurangi sedikit spesifikasinya.

Biasanya pelanggan loyal tidak terlalu mempermasalahkan jika produk yang mereka dapat sedikit berkurang kualitasnya. Namun kamu perlu segera mengembalikan kualitas produk jika harga bahan baku sudah berangsur turun.

3. Keluarkan stok bahan baku

Coba periksa di gudang, apakah masih ada bahan baku yang tersimpan. Jika memang ada dan kondisinya masih bagus serta belum kedaluwarsa, jangan segan untuk menggunakannya. Hal ini akan memberi dampak positif terhadap pos pengeluaran kamu.

4. Menurunkan keuntungan sedikit

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, jangan segan untuk berkorban. Salah satunya adalah dengan menurunkan keuntungan. Dengan demikian, kamu bisa tetap menjaga kuantitas dan kualitas produk.

Tidak usah khawatir, berkurangnya keuntungan tidak terjadi selamanya. Kamu bisa mengembalikan keuntungan kamu setelah harga bahan baku berangsung turun.

0 comments:

Post a Comment