Sunday, August 29, 2021

KNPI Kendal Didorong Kembangkan UMKM Go Internasional

 

KNPI Kendal Didorong Kembangkan UMKM Go Internasional

Era industri 4.0 menuntut semua kalangan menggunakan teknologi. Sebagai upaya mengembangkan UMKM di Kendal, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kendal memanfaatkan teknologi digital ini agar bisa go internasional.

Ketua KNPI Kendal, Parno mengatakan, akan coba dikembangkan KNPI untuk mendukung pemerintah daerah. Di era industri 4.0, KNPI telah membuat wadah pasar online bagi UMKM Kendal.

Pasar online ini akan menjadi media bagi para pelaku UMKM agar terhubung dengan pasar global berbasis digital. Dengan harapan, jangkauan market pemasaran akan lebih luas hingga menjangkau luar kota, provinsi, dan negara.

Sekarang ini eranya serba digital, UMKM pun perlu didorong ke sana (digitalisasi, red). Sejalan dengan program digitalisasi UMKM yang sedang digalakkan Pemkab Kendal. Kami punya gagasan membuatkan pasar online untuk memudahkan pelaku UMKM bertransaksi, jelas Parno, Rabu 11 Agustus 2021.

Menurutnya, KNPI akan membuatkan aplikasi marketplace yang bisa diakses pelaku UMKM dan calon pembeli. Pada tahap awal, lingkup sasaran yang dituju adalah pelaku usaha lokal agar produk yang dihasilkan dikenal terlebih dahulu oleh masyarakat Kendal.

Di sisi lain, KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan siap merangkul pemuda dan seluruh elemen masyarakat Kendal untuk membangun Kabupaten Kendal yang lebih baik. Tentunya dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki di 20 kecamatan yang ada.

Banyak potensi yang dapat kita kembangkan untuk memajukan Kendal. Kita akan sinergikan potensi-potensi yang ada dengan para pemangku kepentingan terkait. Dengan energi para pemuda, kami optimistis dapat diwujudkan, imbuh Parno.

Sementara Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, sudah sepantasnya KNPI menjadi penggerak kreatifitas pemuda Kendal. Khususnya di era yang serba digital, para pemuda dibutuhkan untuk menggerakkan roda pembangunan daerah.

dikatakan pemuda harus mampu beradaptasi agar tidak tertinggal. Mengambil peran penting dalam setiap situasi, menggali potensi, dan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi daerah melalui program strategis nasional kawasan ekonomi khusus (KEK)

Karena Kendal ke depan diawali dari para pemudanya hari ini. Kami di legislatif terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan langkah percepatan dalam mengoptimalkan potensi yang ada. Di sisi lain, SDM lokal juga harus disiapkan agar bisa berkompetisi di era industri 4.0 dan zaman yang serba digital ini, ungkapnya.

Sumber : https://semarang.ayoindonesia.com/kendal/pr-77829347/KNPI-Kendal-Didorong-Kembangkan-UMKM-Go-Internasional

0 comments:

Post a Comment