Google dan Facebook latih UMKM Indonesia tumbuh secara digital
Jakarta - Kepala Hubungan Publik Asia Tenggara Google Ryan Rahardjo
mengatakan pihaknya berkomitmen membekali para pelaku Usaha Mikro Kecil
dan Menengah (UMKM) untuk beradaptasi dari cara tradisional, dengan
membekali keterampilan dan sumber daya digital yang tepat.
“Pada
saat ini, kami sudah melatih 2 juta teman-teman UMKM untuk memanfaatkan
beragam alat digital yang gratis untuk memastikan bisnis mereka juga
naik,” ujarnya dalam pertemuan puncak peringatan Hari UMKM Nasional
secara daring, Jakarta, Kamis.
Perkembangan internet di
Indonesia, ungkapnya, telah membuat konsumen beralih ke digital, tren
bisnis dengan basis internet berkembang pesat yang didukung perilaku
konsumen.
Ketika itu diaplikasikan ke UMKM, lanjut Ryan, ada beberapa tantangan yang bukan hanya terkait pemahaman teknologi digital.
Berdasarkan
sebuah survei, 45 persen dari pelaku UMKM tak memiliki strategi
digitalisasi yang efektif dan kurang memahami teknologi digital.
Ditambah, kata dia, adanya pandemi yang menciptakan pembatasan sosial
mengurangi belanja konsumen.
Karena itu dia menilai kolaborasi
menjadi hal penting. Berbagai program juga telah dilakukan oleh pihaknya
dengan beragam kementerian, para pemangku kepentingan, dan pelaku UMKM
dalam upaya memajukan bisnis digital mereka.
" Kita juga bekerja
sama dengan beragam kementerian seperti Kemendag (Kementerian
Perdagangan) untuk UMKM di Indonesia bagian timur, sehingga mereka bisa
lebih naik kelas melalui beragam kelas inkubasi, mentoring, dan
monitoring yang lebih pasti,” kata Ryan.
Adapun Manajer Hubungan
Pemerintahan Facebook Indonesia, Noudhy Valdryno menjelaskan Facebook
telah menjadi salah satu platform yang disukai oleh pelaku UMKM, dengan
96 persen UMKM merasa Facebook membantu mereka memulai bisnis.
Noudhy
menyampaikan update informasi bahwa 70 juta pengguna Facebook di
seluruh dunia terhubung dengan bisnis di Indonesia. Bukan hanya bisnis
Indonesia terhubung dengan dunia, ucapnya, tetapi juga dunia terhubung
dengan bisnis di Indonesia.
Dalam sebuah laporan, disebutkan ada
lebih dari 41 persen pengguna Facebook Indonesia terhubung dengan
setidaknya satu bisnis di luar negeri. Sementara 67 persen dari pengguna
Facebook Indonesia terhubung dengan setidaknya satu bisnis UMKM.
Selanjutnya
Noudhy memaparkan beberapa program yang telah dilakukan antara lain
sejak 2018 sudah melakukan pelatihan peningkatan kemampuan digital untuk
UMKM.
“Sampai saat ini, sekitar 66 ribu orang dari pelaku UMKM di 17 kota di Indonesia sudah kita latih,” tutur dia.
Sumber : https://m.antaranews.com/berita/2322534/google-dan-facebook-latih-umkm-indonesia-tumbuh-secara-digital
0 comments:
Post a Comment