251 UMKM Terpilih Ikut Pameran Virtual "Lokal Keren Jatim"
Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)
menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM yang merupakan bagian
dari rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dengan
tema "Lokal Keren Jatim" guna mendorong pengembangan UMKM di Provinsi
Jawa Timur.
Untuk mengenalkan pameran ini ke masyarakat luas,
diselenggarakan kegiatan virtual press conference "Bangga Buatan
Indonesia-Lokal Keren Jatim" yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang
Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting,
Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Public Relations PT Wings
Surya Oucky Hertanto, dan President Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani.
Lokal
Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan
penuh sejak tanggal 1-31 Agustus 2021 dan merupakan wujud nyata upaya
BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan
nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Seperti diketahui, BBI
dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan
mempromosikan produk lokal Indonesia
Adapun pemerintah melalui
Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional
Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi
Jawa Timur. Loto Srinaita Ginting mengatakan melalui gerakan BBI ini
harapannya masyarakat semakin mencintai, mengapresiasi, dan
mengembangkan produk dalam negeri, khususnya produksi UMKM.
"Kegiatan
gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Lokal Keren Jatim
bertujuan untuk membangun semangat dan aksi mencintai, mengapresiasi,
menggunakan dan mengembangkan produk dalam negeri, khususnya sektor
UMKM, di kalangan masyarakat umum," ujar Loto.
Jawa Timur dipilih
dan mendapat giliran untuk mewakili daerah lainnya mengingat jumlah
UMKM di provinsi ini yang begitu besar. Hal itu berbanding lurus dengan
jumlah populasi penduduk yang bisa menjadi pangsa pasar bagi produk
UMKM.
Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili
Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen,
makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan
kecantikan. UMKM yang terlibat merupakan binaan BRI, Bank Indonesia,
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan
Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa
Timur, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, Rumah BUMN,
Wingsfood, dan Jayaboard.
Catur Budi Harto, mengatakan bahwa
acara yang dihelat ini juga menjadi stimulus bagi UMKM untuk
mengoptimalkan pemanfaatan platform digital seperti PaDi UMKM, Shopee,
Tokopedia dan BliBli. Pameran virtual ini juga bertujuan untuk membuka
peluang baru bagi produk UMKM Jawa Timur di pasar nasional dan ekspor.
"Harapannya
melalui kegiatan ini pelaku UMKM kini mampu menjadikan bisnis mereka
lebih modern (Go Modern), menerapkan digitalisasi (Go Digital), serta
memperluas jejaring pasar daring (Go Online) yang pada ujungnya Tidak
hanya mampu bersaing di pasar lokal, UMKM binaan juga berhasil menembus
pasar dunia sebagai UMKM Ekspor (Go Global)," ujar Catur.
"Sehingga
sudah menjadi komitmen kami untuk mengembangkan bisnis para UMKM dengan
segala sumber daya yang kami miliki. Kami berharap melalui kerja sama
ini dapat membantu memperluas jangkauan bisnis para UMKM, tidak hanya ke
seluruh pelosok Indonesia tetapi juga ke pasar internasional bersama
Shopee," ujar Daniel Minardi, Head of Brands Management and Digital
Products Shopee Indonesia.
Sementara itu, sebagai salah satu
mitra kerjasama PT Wings Surya atau Wings Food turut pula membina UMKM
sebagai bentuk dukungan gerakan nasional BBI melalui Program Mitra WAKUL
(Wings Andalan Kuliner), yang diluncurkan pada pertengahan Mei 2021.
"Kami berharap dapat melahirkan pengusaha-pengusaha kuliner yang terus
berkembang dan membawa cita rasa khas daerah lokal mereka," kata Oucky
Hertanto.
Mitra lainnya, Jayaboard, sebagai pemimpin pasar papan
gipsum di Indonesia, memberikan dukungannya dalam program gerakan
nasional BBI 2021 berupa pelatihan kepada masyarakat Jawa Timur.
Jayaboard berkolaborasi dengan BRI memberikan pelatihan yang disalurkan
melalui siaran Podcast.
"Melalui kegiatan ini, kami juga berharap
dapat terus mengemban visi - misi Jayaboard dalam meningkatkan kualitas
hidup masyarakat Indonesia melalui pembangunan yang berkualitas," kata
Ahmad Hamdani.
Bagi BRI dan para pelaku UMKM, pandemi bukan
halangan untuk segera bangkit. Peran UMKM Indonesia sangat penting
sebagai penggerak utama ekonomi nasional. Untuk itu BRI akan selalu
hadir untuk memacu kinerja pelaku usaha di sektor UMKM.
Diharapkan
melalui program BRILIANPRENEUR terjadi business matching yang
menghasilkan transaksi, interaksi dengan pasar internasional. Selain itu
bermanfaat pula sebagai sarana transfer knowledge bagi UMKM untuk
menembus pasar ekspor.
Dengan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR,
UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual dari beberapa negara
seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat
dan lainnya. Event ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara virtual
lainnya seperti Webinar, Podcast, Coaching Clinic, Fashion Show, Product
Showcase, Bazaar, Lelang Designer, Music Performance, Movie Launching,
JATIM Food Festival dan Donasi.
Kegiatan ini tidak hanya dapat
diikuti melalui website dan e-commerce, tapi dapat diikuti di sosial
media dengan berbagai macam aktivitasnya. Dalam acara ini, BRI pun
mempermudah akses transaksi di e-commerce menggunakan pembayaran daring
seperti BRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, Kartu
Debit dan Kartu Kredit BRI.
Nasabah akan mendapatkan diskon dan
cashback untuk setiap transaksi yang menggunakan Kartu Debit, Kartu
Kredit, e-Pay dan Direct Debit BRI. Selama rangkaian acara tersedia pula
berbagai promo menarik jika melakukan pembelian produk UMKM via
e-commerce yang telah bekerjasama.
Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20210804144624-25-266101/251-umkm-terpilih-ikut-pameran-virtual-lokal-keren-jatim
0 comments:
Post a Comment