Tuesday, July 13, 2021

Pollenzo Shop, Kisah Pelaku UMKM Yang Bertahan Di Masa Pandemi


Suara.com - Di masa pandemi ini, banyak kisah pelaku UMKM yang justru berhasil bertahan di tengah goncangan. Meski tak sedikit yang berujung gulung tikar, ada juga pelaku UMKM yang berhasil bertahan. Salah satunya yakni Uda Irman, pemilik toko sepatu wanita Pollenzo Shop.

Uda Irman membagikan kisahnya saat memulai usahanya sebelum bergabung dengan Shopee. Pada awalnya ia sempat gagal berulang kali dalam berbisnis. Pada pertengahan tahun 2000-an, saat itu Uda Irman merupakan karyawan toko sepatu. Kemudian dari sini ia bertekad untuk memulai peruntungannya menjadi pengusaha sepatu.

“Setelah mencari pengalaman, menggali info, dan mencoba eksperimen desain personalnya, ternyata antusiasme cukup baik. Dan ini yang membekali keberanian saya,” ungkapnya dalam acara Kisah Pelaku UMKM Perkuat Bisnis Di Tengah Pandemi Shopee, Selasa (13/7/2021).

Memasuki tahun ke-6, bisnisnya sempat tumbang karena masih minim pengetahuan dan strategi bisnis berkelanjutan. Sekitar tahun 2015, Uda Irman mulai merambah bisnis sepatu ke dunia digital dengan modal seadanya.

Ia yakin usahanya bisa berkembang berkat doa serta dukungan ibunya. Saat ia mulai melkukan pendekatan bisnis lewat media sosial, ia mendapatkan transaksi penjualannya kurang lebih 10 setiap harinya. Dan ini yang membuatnya semangat untuk terus berproduksi.

Usaha sepatu rumahannya yang berawal dari satu gudang, kini berkembang menjadi tiga gudang di daerah Bogor. Ia pun telah berhasil menciptakan laparangan pekerjaan bagi karyawan, yang dulu hanya 5 orang kini telah menjadi 25 orang.

“Memulai usaha itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan itu butuh proses. Kita harus sabar, konsisten, fokus dengan tujuan, dan yakin dengan diri sendiri,” pungkasnya.

Sumber : https://www.suara.com/lifestyle/2021/07/14/082606/pollenzo-shop-kisah-pelaku-umkm-yang-bertahan-di-masa-pandemi 

0 comments:

Post a Comment