Thursday, June 24, 2021

ITDC Rekrut 18 Pemuda Desa untuk Pelatihan Mekanik Motor


 100kpj – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC merekrut 18 pemuda sasak terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Lombok NTB.


Para pemuda tersebut disertakan dalam pelatihan mekanik motor. Pelatihan diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB. Ini demi mempersiapkan mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai.

Acara tersebut berlangsung 23-30 Juni 2021 bertempat di Hotel Puri Indah, Mataram. 18 peserta yang merupakan warga dari enam desa penyangga The Mandalika dari Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol.

"Penyaringan berlangsung kompetitif ditunjukkan dengan hasil tes para pemuda yang sangat baik. Kami juga berterima kasih atas antusiasme para pendaftar lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti pelatihan mekanik kali ini," kata Vice President Corporate Secretary Miranti Nasti Rendranti.

18 pemuda tersebut merupakan yang lolos dengan nilai terbaik dari 37 pendaftar dan mengikuti seleksi ketat. Pelatihan akan diisi dengan pembelajaran tatap muka mengenai teori dasar ilmu mekanik antara lain dasar mesin dan sistem bahan bakar, pengetahuan dasar karbulator, sistem kelistrikan.

Serta sistem perawatan dan penyetelan pemeliharaan baterai mesin 4 langkah, periksa dan ganti side stand matic, dan praktik. Materi pembelajaran tersebut disampaikan oleh tenaga pengajar yakni Alan Vikhta, ST dan Sultan Hartawan, ST selaku Technical Instructor dari Astra Motor NTB dan Ir. Lindrawaty Angkawijaya, MM selaku Widyaiswara Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB.

“Pelatihan ini merupakan bentuk implementasi dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Kementerian BUMN mengenai pendidikan yang berkualitas yang tertuang dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN 2021," ujar Miranti.

"Kami harap pelatihan yang dimulai pada hari ini bisa benar-benar menambah wawasan dan keterampilan para peserta sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan siap menjadi tenaga terampil mekanik sepeda motor sejalan dengan pengembangan DPSP The Mandalika yang akan menyajikan perhelatan event balap motor kelas dunia,” tambahnya.

Salah satu peserta pelatihan mekanik Sadarianto dari Desa Sukadana, menyampaikan antusiasmenya dalam mengikuti pelatihan ini. Dia menilai pengetahuan mengenai mekanik akan bertambah dan tentunya bisa semakin mengasah keterampilannya.

Usai pelatihan, para peserta akan disaring kembali sebanyak 12 orang untuk mengikuti kegiatan magang di lima dealer bengkel AHASS di Lombok Tengah, selama tiga bulan. Di lokasi magang nantinya, para peserta diharapkan mampu mempraktikkan keterampilan dalam hal reparasi sepeda motor dan teknologi perbengkelan.

“Kami ucapkan selamat mengikuti pelatihan di kelas. Semoga para peserta selalu dalam keadaan sehat dan fit, sehingga dapat mengikuti pelatihan ini dengan lengkap dan memahami pembelajaran di kelas dengan baik,” tutup Miranti.

Sumber : https://www.msn.com/id-id/otomotif/berita/itdc-rekrut-18-pemuda-desa-untuk-pelatihan-mekanik-motor/ar-AALojJI?li=AAfufCr

0 comments:

Post a Comment