Monday, May 10, 2021

Upaya Memiles Bantu UMKM Kembangkan Usaha di Masa Pandemi


TRIBUNNEWS.COM - Teknologi komunikasi kian canggih dan memudahkan bagi siapa saja dalam menjalankan bisnisnya. Tak terkecuali usaha mikro kecil menengah (UMKM).


Kemajuan teknologi komunikasi itulah yang mendorong PT Aku Cinta Memiles (ACM), untuk memperkuat eksistensi dalam bisnis marketplace iklan di Tanah Air.

Di masa pandemi yang tak mudah ini, PT ACM memperbanyak partnernya dari kalangan usaha kecil menengah (UKM) maupun usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Eva Martini Luisa, Executive Marketing PT ACM, mengatakan zaman sudah berubah menjadi serba digital.

Mau tidak mau, menurut ida, masyarakat harus mengikuti era digital. Setiap usaha, baik jual-beli maupun jasa sudah menggunakan digital.

Namun, masyarakat masih banyak yang kurang paham, bagaimana cara agar produk terjual lebih banyak.

"Di sinilah Memiles mewadahi masyarakat, membantu para UMKM untuk mengembangkan usahanya melalui promosi usahanya di aplikasi Memiles,” jelas Eva Martini Luisa yang ditemui di sela-sela Seminar Bisnis UKM dan UMKM di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Minggu (9/5/2021).

Menurut Eva Martini, meMililes merupakan aplikasi marketplace yang memberikan kemudahan bagi seluruh UMKM di 34 provinsi di Indonesia.

Mereka bisa belajar dan dibantu, serta diberi strategi untuk mengembangkan usaha dengan sebaik mungkin sampai ke seluruh penjuru nusantara.

“Caranya, dengan mengikuti acara edukasi melalui zoom, training strategi bersama mentor berpengalaman untuk menjelaskan cara, semangat dan motivasi. Semua ini diberikan secara gratis,” jelas wanita bertubuh tambun ini.

Yang penting, kata Luisa, pengusaha tau dulu siapa target pasar. Selanjutnya aneka fitur yang sangat lengkap dan kreatif di aplikasi meMiles, akan membantu pengusaha untuk mengetahui siapa saja yang menginginkan produknya.

“Dengan kata lain, bila sudah mengetahui target pasarnya, maka akan lebih mudah bagi pengusaha untuk mengembangkan usaha dan kemana usaha tersebut mau dibawa," katanya.

Eva Martini Luisa menambahkan bahwa meMiles telah berpartner dengan 800 UKM dan menargetkan mampu menjaring sejuta UMKM dari seluruh Indonesia. Ia meyakini bahwa melalui memIles maka usaha apapun bisa berkembang. Mereka sangat tertolong dan merasakan manfaatnya.

“Mereka bisa berkembang dengan sangat cepat, lalu menciptakan wirausaha baru dan lapangan kerja baru bagi orang disekitarnya. Dengan kata lain, mereka ikut membantu pemerintah mengatasi pengangguran,” pungkasnya.

Deddy, salah seorang peserta Seminar Bisnis UKM dan UMKM yang diselenggarakan meMiles membenarkan bahwa seminar tersebut bermaksud untuk menjadikan para UMKM bisa naik kelas, supaya menjadi wirausaha yang lebih sukses, berkembang lebih luas lagi.

“Bila penting, membuka peluang usaha untuk bikin francise” ujar Deddy, pemilik usaha garmen yang gabung meMiles sejak beberapa bulan silam.

“Setelah ikut meMiles, saya mendapat pesanan yang lebih banyak lagi, karena produk yang saya iklankan di MeMiles tidak hanya diliat oleh segelintir orang saja, melainkan di seluruh Indonesia,” jelasnya bangga.

Deddy menambahkan, dengan membayar Rp 1 juta, dirinya sudah mendapat ruang iklan produknya selama setahun.

“Saya juga dibuatkan video professional dan video robotic, membuat iklan dproduk tampil lebih menarik terlihat di aplikasi meMiles. Itu membantu calon pembeli untuk mengetahui informasi secara lengkap tentang produk yang saya tawarkan,” ujar Deddy.

Bersama Deddy, hadir pula Nurul Cansah dengan nama usahanya, Nu’Can Collection. Ia baru beberapa hari bergabung dengan PT ACM. Nurul mengkhususkan diri dalam membuat aneka kerajinan tangan kreatif berbahan kain perca dan limbah penjahit yang dijadikan aneka asesoris etnik.

UKM asal Pondok Gede, Bekasi ini didirikan oleh Nurul Cansah, yang merupakan perpanjangan dari usaha Tenun Lombok, Tapis Lampung dan Songket Palembang.

“Sebenarnya saya sudah memiliki tempat di Sarinah. Sekarang saya ingin mengembangkan pasar melalui meMiles, agar usaha kerajinan yang saya tawarkan diketahui oleh masyarakat luas," ujar Nurul.

Sumber : https://www.tribunnews.com/lifestyle/2021/05/10/upaya-memiles-bantu-umkm-kembangkan-usaha-di-masa-pandemi?page=2

0 comments:

Post a Comment