Wednesday, May 19, 2021

Kreatif dan Inovatif untuk Ubah Peluang Jadi Kesempatan Bisnis Bagi UMKM


Tahun 2021 bukanlah tahun yang mudah bagi UMKM di Indonesia. Meski sejumlah tantangan masih akan dihadapi, tetapi dengan konsistensi dan kerja keras, pelaku UMKM dinilai dapat bertahan, bahkan berkembang, di tengah pandemi Covid-19.

Indonesia memang tak lepas dari berbagai layanan jasa dan produk hasil dari kreasi para pelaku UMKM. Apalagi UMKM kini memang menjadi salah satu fokus pemerintah guna membangkitkan perekonomian di Indonesia.

UMKM terus melaju dengan pesat dan menjadi tren tahun ini. Mulai bermunculan para pelaku UMKM baru, yang memulai usaha makanan, minuman, hingga pastry. Di Indonesia sendiri jumlah UMKM terhitung sangat banyak. Bahkan jika dibandingkan dengan jumlah unit usaha skala besar yang hanya sekitar 5.000 unit, maka jumlah UMKM lebih dari 10.000 kali lebih banyak.

Jumlah Pengusaha Baking Bertambah

Dunia kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Ditambah dengan perkembangan zaman yang saat ini mempengaruhi kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Indonesia yang terus berubah mengikuti trend terbaru. Sebagai contoh, sejumlah pelaku usaha di bidang pastry kian banyak dan hadir menyajikan beragam kreasi lezatnya. Belakangan kreasi handmade populer yang trendi di kalangan UKM dan diminati pembeli di antaranya dessert box, brownies, cookies, dan donut.

Melihat giatnya para pelaku UMKM dalam memasarkan usahanya, pemerintah juga turut andil untuk mendukung usaha UMKM melalui Gerakan #BanggaBuatanIndonesia. Namun, tentunya sebagai pelaku bisnis, UMKM harus pintar melihat peluang yang kemudian diubah menjadi inovasi bagi bisnis mereka. Misalnya brownies yang dikreasikan menjadi brownies sekat dengan beragam topping. Juga cookies-cookies yang dikemas cantik dan estetik untuk memenuhi permintaan hampers hari raya.

Produk Lokal Dukung Usaha Lokal

Hal mendasar yang penting dilakukan bagi usaha untuk dapat menghasilkan produk yang bersaing adalah pemilihan bahan baku. Dalam kreasi brownies misalnya, cokelat menjadi salah satu bahan baku yang menentukan kualitas brownies. Ketika memilih bahan baku produk, mungkin sebagian orang berpikir bahwa produk berkualitas baik dibuat menggunakan bahan baku dari luar atau impor. Nyatanya, pelaku bisnis UMKM di Indonesia saat ini mengandalkan produk lokal berkualitas baik dalam membuat kreasinya.

Bicara cokelat, Colatta adalah produk cokelat baking lokal yang paling banyak digunakan bahkan direkomendasikan oleh para pelaku bisnis UMKM karena kualitasnya, kemudahan didapatnya dan kredibilitas perusahaan pembuatnya. Selama 35 tahun Colatta menjadi sahabat yang menemani perjalanan bisnis para penggiat UMKM. Seiring dengan terus berkembangnya pemahaman akan kualitas, preferensi rasa, dan kebanggaan terhadap produk buatan Indonesia, Colatta semakin mendapat tempat di hati konsumen.

Sebagai salah satu brand cokelat yang sudah lama eksis di Indonesia, Colatta berhasil meningkatkan akses pasar produk UMKM di Indonesia dengan cara mengelola hubungan baik dengan pelanggan dan mendukung pertumbuhan bisnis pelanggan melalui berbagai bentuk layanan serta inspirasi resep dan informasi. Sehingga dengan begitu, para pelaku UMKM juga bisa percaya diri dan memanfaatkan produk cokelat untuk diolah menjadi produk makanan yang mempunyai nilai tinggi.

Dukungan kepada UMKM yang dilakukan Colatta salah satunya melalui akun media sosial @cokelatcolatta. Secara konsisten Colatta berbagi inspirasi resep berbagai jenis kreasi makanan dan minuman menggunakan cokelat untuk para pebisnis UKM pemula maupun yang sudah berpengalaman. Karena penting bagi pengusaha rumahan dan UMKM untuk terus beradaptasi dan berinovasi untuk dapat berkembang serta mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Bagi Anda para pengusaha UMKM pemula maupun yang sudah berpengalaman, salah satu kunci keberhasilan suatu usaha adalah dengan optimisme harus terus dibangun, didukung dengan konsistensi dan kolaborasi pemerintah, perusahaan besar, dan masyarakat. Dan ingat, apapun usaha kecil yang kita jalankan, kreativitas dan inovasi tetap dibutuhkan supaya lebih banyak pelanggan senang dengan kreasi kita. Mulailah dari diri Anda terlebih dulu. Hilangkan rasa takut terhadap perubahan. Selalu ada pelajaran berharga dari proses yang sedang kita jalankan. Selamat berkreasi!

Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2021/05/20/12/2412656/kreatif-dan-inovatif-untuk-ubah-peluang-jadi-kesempatan-bisnis-bagi-umkm 

0 comments:

Post a Comment