Sunday, May 9, 2021

Kantongi Izin OJK, Dhanapala Perluas Akses Modal ke UMKM


 REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan fintech lending, Dhanapala mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini berdasarkan Surat Keputusan OJK pada tanggal 14 April 2021 melalui Salinan Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor: KEP-23/D.05/2021.


Chief Risk Officer Dhanapala, Nicole Oesman mengatakan perusahaan terus berkomitmen mempermudah para pelaku UMKM untuk mendapatkan akses permodalan sehingga mereka bisa mengembangkan bisnis serta meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

“Infrastruktur Dhanapala yang sepenuhnya berbasis digital memungkinkan para pegiat usaha di Tokopedia, termasuk UMKM lokal, mengajukan pinjaman modal usaha melalui Modal Toko dengan syarat dan ketentuan berlaku,” ujarnya dalam keterangan resmi seperti dikutip Senin (10/5).

Modal Toko merupakan salah satu fitur di Tokopedia yang memungkinkan para pelaku usaha mengembangkan bisnis serta meningkatkan tata kelola keuangan dengan mendapatkan tambahan modal kerja hingga ratusan juta rupiah. Penjual dapat menarik pinjaman kapan saja dan berapa saja sesuai kebutuhan berulang-ulang selama limit masih tersedia.

Penjual juga bebas memilih tenor tiga atau enam bulan untuk setiap penarikan pinjaman dengan bunga yang sangat terjangkau.

Pengajuan Modal Toko dapat diproses secara cepat yaitu hanya sekitar 10 menit. Kemudian proses pencairan kurang dari lima menit.

Proses aktivasi juga sangat mudah, cukup dengan meng-upload KTP dan swafoto bersama KTP. Proses pembayaran angsuran Modal Toko pun sangat mudah, bisa menggunakan lebih dari 50 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia.

Dhanapala juga telah menerapkan manajemen risiko kredit dengan prinsip kehati-hatian, salah satunya melalui pemanfaatan alternatif penilaian kredit dari e-commerce. Sejak terdaftar pada 2019, Dhanapala terus mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Pada Maret 2021, jumlah penyaluran per bulan dan UMKM yang menggunakan fitur Modal Toko meningkat masing-masing lebih dari lima kali lipat dibandingkan dengan Januari 2020 lalu. Bahkan sejak Juni 2020 lalu, Dhanapala telah kembali menyalurkan modal kerja kepada para UMKM lokal agar mereka bisa tetap mempertahankan sekaligus mengembangkan bisnis di tengah pandemi.

sumber : https://republika.co.id/berita/qsv4gf383/kantongi-izin-ojk-dhanapala-perluas-akses-modal-ke-umkm

0 comments:

Post a Comment