Monday, May 24, 2021

BNI Manado Dorong Ratusan UMKM Masuk Gernas BBI


 Manado: BNI Kanwil Manado melakukan kurasi kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk masuk dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Adapun Gernas BBI rencananya berlangsung pada Juli 2021 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


"Kami mengurasi sebanyak 111 UMKM di Sulut agar bisa masuk kegiatan BBI nanti," kata CEO BNI Manado Koko Prawira Butar-butar, di Manado, dikutip dari Antara, Selasa, 25 Mei 2021.

Kementerian Perdagangan selaku movement manager bekerja sama dengan BNI dan Bank Indonesia (BI) ditunjuk untuk mensukseskan Gernas BBI di Sulut. PT Bank Negara Indonesia Wilayah 11 Manado menjadi kurator UMKM Sulut yang nantinya akan ditampilkan pada kegiatan berskala nasional tersebut.

BNI, katanya, terus mempersiapkan UMKM dengan melakukan penguatan Artisanal Gernas BBI bersama Kantor Perwakilan BI Sulut. “Kami bersama BI melakukan kurasi produk pilihan, misalnya makanan olahan, kerajinan, kain dan kopi kepada 111 UMKM," kata Koko.

Koko berharap tahapan penguatan artisanal ini bertujuan meningkatkan kualitas dan pendampingan UMKM Sulut. Aktivitas yang dilaksanakan antara lain mengidentifikasi produk unggulan, pendampingan usaha hingga kemitraan artisan dan melakukan upaya onboarding UMKM pada platform ecommerce untuk transaksi daring.

“Kegiatan ini akan mendorong penciptaan nilai tambah produk UMKM sehingga dapat mengikuti tren pasar dalam dan luar negeri, serta mampu meningkatkan daya saing dan meraih peluang ekspor produk UMKM," katanya.

Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, transformasi UMKM untuk menjadi lebih digital menjadi sangat relevan. Koko menjelaskan Gernas BBI merupakan bentuk program dukungan terhadap produk dalam negeri, UMKM, dan ekonomi nasional yang diresmikan oleh Presiden RI sejak 2020.

Dengan program ini, diharapkan dapat mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga menggunakan produk lokal dan meningkatkan perekonomian domestik. Pada 2020, Gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM onboading ke platform e-commerce. Pada 2021 BBI akan lebih fokus kembangkan potensi daerah.

Sumber : https://www.medcom.id/ekonomi/keuangan/GbmoRoxK-bni-manado-dorong-ratusan-umkm-masuk-gernas-bbi

0 comments:

Post a Comment