Tuesday, April 14, 2020

Paxel Atasi Permasalahan Logistik Warga Makassar



MAKASSAR, BKM — Paxel, startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia, kini telah hadir di Makassar. Paxel mampu menghadirkan layanan sameday delivery antarkota antarprovinsi dengan ongkos kirim flat.

Paxel memperluas jangkauan hingga ke Makassar untuk menjawab kebutuhan konsumen dan menjadi solusi atas permasalahan seputar pengiriman barang yang kerap terjadi.

Kehadiran Paxel di Makassar sekaligus menandai ekspansi pertama Paxel di Pulau Sulawesi serta Indonesia bagian Timur. Sebelumnya, Paxel sudah melayani 700.000 pengguna yang tersebar di area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan Bali.

”Paxel mengubah cara kerja logistik di Indonesia dengan menerapkan sistem pengiriman estafet memanfaatkan big data, algoritma kecerdasan buatan (AI), dan loker pintar (smart locker) yang berfungsi sebagai pusat untuk menyortir barang berdasarkan kota tujuan,” ujar Zaldy Ilham Masita-COO dari Paxel.

Teknologi loker pintar yang sudah tersebar pada 90 titik dilengkapi akses QR code bagi mitra kurir atau yang dikenal dengan sebutan happines hero. Teknologi inilah yang bisa membuat ongkos kirim menjadi lebih efisien dibandingkan logistik konvensional.

Teknologi Paxel memungkinkan tarif pengiriman dalam kota untuk paket dengan berat maksimal 5 kilogram dipatok flat senilai Rp10.000. Paxel juga memberikan garansi uang kembali jika kurir terlambat saat melakukan pick-up barang dan asuransi jika terjadi kehilangan atau kerusakan paket hingga Rp10 juta. Selain itu, konsumen juga bisa melacak perjalanan paket yang dikirim menggunakan Paxel secara real-time lewat aplikasi Paxel.

Cara kerja Paxel membuat startup logistik ini menjadi pilihan bagi banyak UKM untuk mengembangkan bisnis. Termasuk UKM kuliner di Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya hingga Bali.

”Dengan menyediakan freezer, chiller dan cooler box, Paxel memastikan kualitas dari setiap produk yang dikirim UKM khususnya di bidang kuliner terjaga dalam keadaan baik sampai di tujuan. (Tonton cara kerja Paxel melalui video ini),” kata Zaldy Ilham.

Bryant Christanto selaku CEO Paxel, mengatakan, Paxel sudah terbukti membantu banyak UKM di Indonesia. Dengan menjadi mitra Paxel, para UKM bisa meraih perputaran uang yang lebih cepat.

Sehingga profit mereka pun lebih baik, karena tidak perlu membuka cabang. Tapi produknya tetap bisa dikirim dan dinikmati hingga ke luar kota. Setelah sukses di Pulau Jawa dan Bali, Paxel kini hadir untuk membuka peluang yang sama bagi UKM di Makassar.

Hasil riset Paxel Buy & Send Insights, survei yang diadakan Paxel bersama lembaga riset Provetic yang dilakukan pada 535 UKM penjual online di Indonesia, menunjukan bahwa hal yang paling dipertimbangkan dalam memilih penyedia jasa logistik adalah kecepatan pengiriman.

Dengan fitur shop.paxel.co, Paxel memudahkan UKM Indonesia untuk menjual online dan membantu konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Saat ini Paxel juga memberikan potongan harga pengiriman sebesar 50 persen dengan kode promo MKS50 untuk pengiriman dalam kota Makassar, Jabodetabek-Makassar dan sebaliknya. Aplikasi Paxel dapat diunduh via Play Store atau App Store. (mir)


sumber : https://beritakotamakassar.fajar.co.id/berita/2020/04/08/paxel-atasi-permasalahan-logistik-warga-makassar/

0 comments:

Post a Comment