Tuesday, March 31, 2020
Home »
startSMeUp
» Hal yang Perlu Diketahui UMKM dalam Menyambut Ramadan di Tengah Pandemi Virus Corona
Hal yang Perlu Diketahui UMKM dalam Menyambut Ramadan di Tengah Pandemi Virus Corona
Ramadan tahun ini akan terasa sangat berbeda, mengingat saat ini tanah air tengah menghadapi pandemi COVID-19. Tak hanya momen puasa yang hanya bisa dilakukan di rumah, para pelaku wirausaha juga diperkirakan tak akan seramai bulan Ramadan pada umumnya yang kerap meramaikan transaksi jual beli dengan aneka ragam produk.
Tentunya para pelaku bisnis kecil dan menengah akan menghadapi tantangan tersendiri dalam kondisi saat ini. Meski begitu, di tengah situasi saat ini, masih ada secerah harapan untuk bisa membangkitkan UMKM di situasi yang menantang ini.
Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui para pelaku usaha untuk bisa memaksimalkan penjualan saat bulan Ramadhan tiba.
Masif Kampanye Online
Dalam studi yang dilakukan perusahaan teknologi di bidang pemasaran online, InMobi, pada Februari 2020 lalu menemukan bahwa sekitar 90 persen pengguna ponsel pintar di Asia Tenggara mengakses internet melalui perangkat mereka. Lebih lanjut, sekitar 42 persen pengguna menggunakannya untuk belajar, 48 persen untuk eksplorasi hal baru dan 25 persen untuk membeli sesuatu di bulan Ramadan ini.
Memanfaatkan keadaan, ini adalah saatnya para pelaku usaha bisa lebih masif dan maksimal dalam melakukan kampanye online. Terutama untuk wirausaha yang sebelumnya lebih banyak berkecimpung di dunia offline, ini adalah saatnya menggunakan kekuatan teknologi daring untuk bisa bertahan dalam bisnis di masa menantang ini.
Pemasaran Berbasis Data
Dengan lebih banyak dan intensnya masyarakat dalam penggunaan internet serta smartphone di tengah pandemi virus corona ini, memberikan peluang bagi para wirausaha untuk lebih memahami bagaimana konsumen membeli secara real time.
Coba buat survei online di media sosial atau platform lainnya untuk bisa lebih mengetahui kebutuhan para pelanggan Anda.
Dari data tersebut, Anda bisa lebih mudah memetakan siapa sesungguhnya calon pembeli Anda secara lebih spesifik di bulan Ramadhan ini. Mengidentifikasi dan memahami konsumen adalah langkah pertama yang penting untuk bisa sukses menjalankan kampanye pemasaran yang sukses.
Menggunakan Pesan yang Berbeda
Perubahan ‘gaya hidup’ yang mendadak di tengah pandemi virus corona, menurut banyak pakar membelah kecenderungan berbeda di antara konsumen. Yaitu pembeli yang impulsif dan pembeli yang lebih terencana.
Dalam dua kecenderungan ini, para pelaku usaha bisa menggunakan dua ‘bahasa’ yang lebih personal kepada masing-masing jenis calon pembeli. Anda bisa menyampaikan pesan khusus yang berbeda dan di saat yang tepat, untuk bisa menjangkau pembeli yang impulsif serta menjaring kembali pembeli yang terencana.
Berkomunikasi Lebih Efektif
Dalam situasi yang penuh ketidakpastian, pelaku bisnis perlu tetap terhubung dan menjaga komunikasi berjalan dengan pelanggan di luar transaksi yang dilakukan. Maka berkomunikasilah dengan pelanggan dengan cara yang lebih efektif, yaitu melalui media sosial yang paling banyak digunakan oleh mereka.
Buatlah percakapan yang lebih bermakna dengan pelanggan dan bersikap lebih proaktif dalam memberikan informasi serta mendidik konsumen tentang langkah-langkah yang diambil. Hal ini untuk memastikan bahwa jasa dan produk tersebut aman, serta pendekatan Anda dalam menangani permintaan pelanggan dalam situasi seperti ini.
Di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian ini, pelaku wirausaha perlu untuk terus berimprovisasi pada strategi pemasaran mereka. Terlebih lagi, pandemi COVID-19 di tengah momen Ramadhan ini adalah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Penting untuk memastikan diri Anda untuk bisa mengikuti kebutuhan pelanggan dan tahu bagaimana cara menjangkau mereka.
sumber : https://www.femina.co.id/money/hal-yang-perlu-diketahui-umkm-dalam-menyambut-ramadhan-di-tengah-pandemi-virus-corona
0 comments:
Post a Comment