Monday, March 16, 2020

Bank Danamon Gandeng Investree Salurkan Kredit UMKM

 Pengunjung melihat pameran UMKM. ilustrasi(Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Investree Radhika Jaya, penyedia jasa business-to-business (B2B) menandatangani perjanjian kerja sama terkait penyaluran kredit usaha. Bank Danamon menyalurkan pinjaman melalui platform online Investree melalui skema loan channeling.

Wakil Direktur Utama Bank Danamon Michellina Triwardhany mengatakan skema loan channeling dapat memudahkan para nasabah menerima akses cepat dari layanan pinjaman online dengan plafon pinjaman yang lebih tinggi layaknya kredit perbankan.

Pada 2018 dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mencatat sebesar 74 persen dari 63 juta UKM di Indonesia tidak memiliki akses ke kredit.

“Keberadaan layanan marketplace lending, seperti Investree, terbukti dapat meningkatkan akses terhadap kredit melalui platform online yang mudah digunakan. Kemitraan ini memperluas akses kredit kepada UKM, memastikan para pelaku usaha mendapatkan dukungan dari perbankan guna meningkatkan pertumbuhan bisnis dan berkontribusi pada perekonomian,” ujarnya dalam keterangan tulis, Sabtu (14/3).

Menurutnya kemitraan ini juga menunjukkan perbankan dan perusahaan teknologi finansial dapat saling melengkapi untuk mendukung inklusi finansial dan mendukung pertumbuhan sektor UKM Indonesia selaku tulang punggung perekonomian negara.

“Skema penyaluran kredit loan channeling dengan Investree ini dimulai dengan nasabah mengajukan kredit melalui platform yang dimiliki oleh Investree dengan jumlah pinjaman antara Rp 200 juta – Rp 2 miliar,” jelasnya.

Sementara Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi menambahkan kerja sama ini semakin membuktikan bahwa sinergi antara fintech dan bank mampu memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan UKM dan ekosistem digital di Indonesia.

“Dukungan dari Bank Danamon juga akan kami maksimalkan untuk menambah deretan inovasi yang kaya manfaat bagi target khalayak kami terutama UKM-UKM berkembang,” ucapnya.

Adrian menjelaskan Investree telah melakukan analisis dan penilaian atas calon penerima pinjaman. Nantinya bagi setiap calon nasabah yang mengajukan pinjaman, Investree akan melakukan penyaringan tahap awal berdasarkan kriteria yang dimiliki oleh Investree dan juga kriteria yang diberikan oleh bank.

Selanjutnya Investree akan melakukan proses underwriting meliputi proses identifikasi, seleksi, dan analisis atas calon borrower dan menyediakan scoring result dan rekomendasi limit kredit beserta biaya bunga yang diberikan berdasarkan hasil loan grading calon nasabah sebagai bahan pertimbangan pemberian fasilitas.

“Kemudian bank akan memberikan persetujuan berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh Investree untuk diproses pencairan pinjamannya kepada nasabah melalui Investree,” jelasnya.

sumber : https://republika.co.id/berita/q76q5l383/bank-danamon-gandeng-investree-salurkan-kredit-umkm

0 comments:

Post a Comment