Wednesday, February 26, 2020

Kepala BPPT: Transformasi Digital Harus Kuasai Proses Bisnis

Image

AKURAT.CO Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPTHammam Riza mengatakan jika ingin melakukan Transformasi Digital, maka harus betul-betul sudah menguasai proses bisnis.
"Karena proses bisnis itulah yang kemudian dilakukan digitalisasi, oleh karenanya kita perlu membangun namanya arsitektur enterprise untuk mengenali proses bisnis yang ada," ujarnya kepada AkuratIptek di sela Rapat Kerja (Raker) BPPT tahun 2020 di Auditorium B.J. Habibie Gedung BPPT, Jl. M. H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (24/2).
Di BPPT sendiri, menurut Hammam, terdapat puluhan proses bisnis.
"Apakah itu logistik, apakah itu mengenai sumber daya manusia, apakah itu mengenai pelatihan pendidikan. Ini semua-kan adalah proses bisnis, proses birokrasi. Ini yang kita lakukan di digitalisasi," imbuhnya.
Hammam menuturkan untuk melakukan proses digitalisasi, terdapat proses, SDM dan teknologi sebagai tiga faktor utama dalam menerapkan sebuah IT sistem. Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya melihat saat ini Transformasi Digital hanya dilakukan oleh sebagian dari kementerian dan lembaga.
"Banyak perusahaan-perusahaan yang belum melakukan Transformasi Digital secara total, hanya sebagian. Mungkin dia bikin website, tapi backoffice nya belum berubah, masih sama manual," pungkasnya.

0 comments:

Post a Comment