Monday, February 3, 2020

Bank Sentral Indonesia dan Filipina Perkuat Kerja Sama Keuangan Digital

© Warta Ekonomi. Bank Sentral Indonesia dan Filipina Perkuat Kerja Sama Keuangan Digital

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta
Bank Indonesia (BI) dan Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP) menyepakati kerja sama di bidang sistem pembayaran dan inovasi keuangan digital untuk memperkuat hubungan bilateral kedua bank sentral.
Kesepakatan tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur BSP Benjamin E Diokno di tengah pertemuan bilateral antara BI dan BSP pada hari ini (3/2/2020) di Manila, Filipina.
Kesepakatan ini melengkapi kerja sama BI dan BSP sebelumnya terkait antipencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU PPT) di bidang sistem pembayaran dan penyelesaian akhir, pada 2018 lalu.
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, kesepakatan ini menandai langkah konkrit kedua bank sentral menuju keuangan inklusif melalui kerja sama dan pengembangan sistem pembayaran dan keuangan digital.
"Nota Kesepahaman ini bertujuan menyediakan kerangka kerja untuk kerja sama yang lebih erat antara kedua bank sentral dalam rangka mendukung tersedianya sistem pembayaran yang lebih aman, efisien, dan andal serta mendorong inovasi keuangan digital," kata Onny dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (3/2/2020).
Nota kesepahaman juga menjadi menjadi pondasi dalam pelaksanaan kerja sama BI dan BSP ke depan yang diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan, yaitu dialog kebijakan, pertukaran informasi, kolaborasi inovasi, pengembangan kapasitas, program pengenalan bisnis teknologi finansial masing-masing bank sentral, dan pembentukan kelompok kerja teknis.
Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut merupakan puncak dari pertemuan bilateral antara BI dan BSP yang membahas berbagai perkembangan dalam bidang ekonomi digital di dunia kebanksentralan, pembiayaan infrastruktur dengan instrumen pasar keuangan, serta kerangka kerja dari pembiayaan yang berkelanjutan.
Di akhir pertemuan, BI dan BSP berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama bilateral dalam rangka mendorong lebih lanjut pengembangan ekonomi dan sistem keuangan.

0 comments:

Post a Comment