Monday, January 20, 2020

Urgensi Kepemimpinan dalam Percepatan Transformasi Digital

Urgensi Kepemimpinan dalam Percepatan Transformasi Digital

Urgensi Kepemimpinan dalam Percepatan Transformasi Digital - Warta Ekonomi
WE Online, Jakarta -
Sekretaris Jenderal Asosiasi Digital Entrepreneur (ADEI), Bayu Prawira Hie berhasil meraih gelar doktor di Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta seusai mengikuti sidang terbuka pada Jumat (17/1/2020).
Bayu yang juga merupakan dosen program S-2 manajemen ini menyajikan disertasi berjudul Determinants and Consequence of Leaders' Effectiveness in Indonesian Banks Digital Transformation. Melalui penelitian yang dilakukannya itu, Bayu berharap mampu memberikan sumbangan pikiran dalam pengembangan teori khususnya yang berkaitan dengan digital.
"Digitalisasi tengah terjadi di seluruh bidang. Semua industri harus berubah digital dan semua yang menerapkan digital menjadi pemimpin di dalam industrinya. Dan saya melihat yang sedang dalam perubahan ialah perbankan. Jadi, saya mengambil perbankan untuk saya teliti," kata Bayu kepada Warta Ekonomi.
Bayu bercerita bahwa ia melakukan penelitian ini sejak 2018 sampai 2019 terhadap bank-bank di Indonesia, dengan jumlah responden 611 orang yang mewakili keseluruhan bank di Indonesia.
"Kita tahu bersama bahwa bank di Indonesia tidak bisa menghindar untuk bertransformasi digital karena dorongan tuntutan pelanggan, serta hal ini juga didorong oleh otoritas keuangan. Mayoritas eksekutif perbankan juga sudah sepakat untuk bertransformasi digital. Pertanyaannya, bagaimana memimpin transformasi tersebut dengan cara yang paling efektif secara ilmiah? Itulah yang dijawab dari penelitian saya ini," ucapnya.
Tata kelola yang dimaksud ialah adanya indikator kerja (KPI) yang jelas bagi setiap orang, melebur pembatas tiap divisi agar bisa bekerja sama menjadi satu, dan memberikan imbalan, baik finansial maupun non-finansial, bagi yang sejalan dengan upaya transformasi digital.
"Menarik, ternyata di Indonesia jika para pegawai diarahkan oleh para pemimpinnya dengan jelas dan tegas, mereka lebih cepat menerima perubahan budaya dibandingkan pegawai di negara Barat. Jadi, jelas peran pemimpin untuk transformasi digital di Indonesia ini sangat besar, lebih besar dari di negara Barat."

0 comments:

Post a Comment