Thursday, January 23, 2020

Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Produk

Dorong Pelaku UMKM Kembangkan Produk

SAMPIT–Melihat pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotim pun mendorong pelaku UMKM bisa mengembangkan hasil produk yang selama ini diperkenalkan.
Anggota DPRD Kabupaten Kotim Rimbun menilai pengembangan produk itu agar pelaku UMKM di kabupaten ini bisa memperluas penjualan produknya ke daerah lain. Selain itu, dapat menarik minat pembeli lebih banyak lagi.
"UMKM di Kabupaten Kotim ini menjadi UMKM terbaik, dan menjadi barometer kabupaten lainya yang ada di Kalimantan Tengah. Kota Sampit juga merupakan segitiga emas sentra ekonomi sehingga pergerakannya berpengaruh terhadap Kalteng secara keseluruhan terutama di bidang perekonomian," ujarnya saat dibincangi Rabu (23/1).
Melihat kenyataan itulah, ia sangat menyayangkan bila pelaku UMKM tidak dapat berinovasi terhadap produk yang dimiliki.
"Kami akan mendukung penuh setiap hasil karya anak bangsa. Termasuk para pelaku UMKM, dan adanya pengembangan dan penerapan inovasi serta kreasi pada setiap hasil produksi tersebut, diharapkan produk-produk dari pelaku UMKM bisa bersaing di pasaran luar negeri. Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya lagi.
Politikus PDI Perjuangan ini juga menyarankan agar para pelaku UMKM harus sering mengikuti berbagai pameran. Baik yang digelar oleh pemerintah maupun swasta. Hal ini sebagai upaya mengenalkan produk-produk UMKM.
Selain mengikuti pameran, para pelaku UMKM bisa memasarkan produknya secara online agar dikenal luas.
"Kami juga mendorong para pelaku UMKM bisa ikut pameran-pameran, karena tanpa itu (ikut pameran, red), produk kita tidak bisa dikenal luas. Kami juga berharap pemerintah daerah dapat membantu dengan membuat pemeran setiap bulan sebagai ajang untuk mempromosikan produk-produk UMKM kepada masyarakat," pungkasnya. (bah/ila)

0 comments:

Post a Comment