Saturday, May 31, 2014

3-M kendala UKM yang sebenarnya

Kendala UKM yang sesungguhnya adalah :
1. Marketing
2. Management
3. Modal

Seringkali kita terjebak pemikiran bahwa kendala yang dipersepsikan di awal bagi sebuah usaha UKM adalah
1. Modal
2. Manajemen
3. Marketing

Dalam kenyataan nya terbalik, malah kendala Marketing dulu yang menjadi hal penting utama. Karena dengan modal yang sangat terbatas , UKM dapat berjalan. Tanpa Marketing maka UKM akan mati, tidak ada Customer , tidak bisa berkembang. Jadi fokuskan UKM Anda untuk bisa menjual dirinya, menjual produknya , menjual jasanya.

Jadi yang harus dikuasai adalah teknik Marketing, bagaimana menjual produk dan jasa Anda.

Berikutnya barulah begitu peluang banyak, order banyak datang, UKM akan mengalami kesulitan untuk mengelola dirinya. Mulai dari yang paling simple saja, seperti, siapa saja yang mereka kontak, mereka hubungi, para prospek UKM mereka. Apakah mereka memiliki data lengkap siapa saja mereka.

Berikutnya , apakah penawaran yang diberikan kepada calon pelanggan ini sudah sesuai, kapan terakhir diberikan, bagaimana update nya. Hingga mereka mendapatkan pekerjaan, produk mereka dibeli, kapan harus mulai menagih, kapan dibayar, duitnya masuk kemana ? Semua ini perlu manajemen yang baik, yang konsisten dan tepat, tapi dengan harga yang bersaing dan tidak mahal.

Maka menggunakan solusi manajemen berbasis open source menjadi pilihan utama. Dengan menggunakan komputer sederhana , konfigurasi komputer yang tidak tinggi, ataupun laptop yang murah, maka sistem CRM dapat dipasang, sistem dapat digunakan untuk memonitor peluang, prospek, penawaran yang diberikan , hingga Invoice yang diberikan sebagai bukti tagih. Tidak hanya itu, sistem memungkinkan untuk menerima peluang dari dunia internet, dunia yang selama ini sulit dijajah oleh UKM.

Berikutnya apabila UKM telah berkembang dan membutuhkan dana, barulah bicara pemodalan.

Jadi , masalah UKM yang sebenarnya adalah Marketing, manajemen dan barulah modal.









0 comments:

Post a Comment