Tuesday, May 28, 2024

Menkominfo: Inisiatif Transformasi Digital RI Jadi Rujukan Global

 


Jakarta, CNBC Indonesia - Transformasi digital yang berlangsung di Indonesia ternyata menjadi rujukan dunia. Fakta tersebut disaksikan sendiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie dalam pertemuan antar-pemerintah di Swiss.

Menkominfo Budi Arie mewakili Indonesia dalam Ministrial Roundtable WSIS+20 Forum 2024 yang dihelat lembaga telekomunikasi dunia ITU (International Telecommunication Union) di Jenewa, pada Selasa (28/05/2024).

Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu seperti AI dan perkembangan teknologi digital dan diikuti oleh para pemimpin organisasi internasional serta dihadiri oleh 35 menteri bidang telekomunikasi/digital dari berbagai negara. Sekjen ITU Doreen Bogdan-Martin bertindak sebagai pemimpin forum.

Dalam forum, Budi Arie menjelaskan strategi pembangunan digital Indonesia untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045.

"Pembangunan bidang digital di Indonesia diarahkan untuk mewujudkan konektivitas yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan untuk mencapai Visi Indonesia Emas 2045," kata Menkominfo.

Dia mengatakan bahwa inisiatif Indonesia dalam mendorong perkembangan digital diakui dunia, bahkan dijadikan rujukan oleh pemerintah negara lain.

"Berbagai macam inisiatif transformasi digital Indonesia telah diakui sebagai rujukan global, yang ditunjukkan dengan penghargaan yang terus diterima Indonesia di forum WSIS ITU beberapa tahun terakhir. Termasuk soal AI. Karena AI bukan sekadar teknologi tapi soal people dan kemanusiaan," ujar Menkominfo Budi Arie.

Ministrial Roundtable menyepakati pembangunan bidang digital yang inklusif, berpusat pada manusia, dan berorientasi pada pembangunan.

Para menteri juga berpandangan bahwa dunia perlu memberikan perhatian khusus pada kepentingan negara-negara selatan (the Global South) dengan memperhatikan SDGs dan pemerataan pembangunan untuk semua.

Negara-negara peserta pun perlu mengantisipasi berbagai isu yang sedang berkembang, seperti kecerdasan buatan, arus data lintas negara, pengembangan talenta dan literasi digital, penanganan disinformasi, konektivitas yang merata, keamanan siber, serta beberapa isu prioritas lainnya.

Forum Ministrial Roundtable WSIS 2024 juga menyepakati bangunan bidang telekomunikasi dan digital berpegang pada prinsip inklusif, aman, serta berkelanjutan.


Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240529063745-37-541968/menkominfo-inisiatif-transformasi-digital-ri-jadi-rujukan-global

0 comments:

Post a Comment