Monday, April 15, 2024

Starlink Elon Musk Segera Jualan Internet di RI, Menkominfo: Uji Coba Mei

 

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan perkembangan terbaru layanan internet berbasis satelit Starlink milik Elon Musk.
Starlink akan memperluas jangkauan layanannya di Indonesia. Setelah hanya menyasar sektor business to business (B2B), nantinya mereka akan membidik business to consumer (B2C) atau pelanggan akhir.

Namun sebelum jualan layanan internet ke masyarakat luas, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mewajibkan Starlink untuk melakukan Uji Laik Operasi (ULO).

Sebagai informasi, ULO adalah pengujian sistem secara teknis dan operasional dalam pemenuhan standar minimun penyelenggaraanDisampaikan Budi, Elon Musk akan menguji Starlink di IKN pada bulan Mei ini. Harapannya, dalam waktu dekat ini, Starlink sudah bisa melayani seluruh masyarakat Indonesia.


"Bulan Mei (uji coba Starlink). Nanti detailnya tanya ke Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto," ungkapnnya.

Harga Internet Starlink di Indonesia
Sebelumnya, SpaceX hanya menyediakan opsi pemesanan dan memeriksa area ketersediaan akses internet Starlink. Namun kini, sudah tercantum lengkap harga layanan internet Starlink.

Hal itu diketahui dalam website Starlink. Setelah mengisi lokasi layanan dan mengklik "order now", maka muncul informasi rincian harga Starlink di Indonesia.

Harga paket internet Starlink di Indonesia sebesar Rp 750 ribu per bulan. SpaceX tidak menyediakan opsi paket internet lainnya, hanya satu yang tercantum. Adapun konsumen diharuskan untuk membayar deposit sebesar Rp 750 ribu.

Harga tersebut belum termasuk perangkat penerima layanan internet Starlink yang dipatok Rp 7,8 juta. Sedangkan, biaya pengirimannya mencapai Rp 345 ribu. Berdasarkan pengalaman detikINET, pengiriman dan penanganan di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa harganya tetap sama.

Dengan demikian, konsumen total harus merogoh kocek Rp 9,45 juta. Sedangkan untuk pembayarannya menggunakan Apple Pay. Sayangnya, tidak diketahui berapa kecepatan internet download maupun upload layanan Starlink di Indonesia.

Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/04/starlink-elon-musk-segera-jualan.html


0 comments:

Post a Comment