Wednesday, March 20, 2024

Usai Spin Off Indihome, Telkom Makin Fokus Pimpin Pasar B2B

 

SEMARANG, jatengnetwork.com – Spin off antara PT Telkom Indonesia (Telkom) dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terkait layanan Indihome, sudah dilakukan sejak 1 Juni 2023 lalu.

Integrasi IndiHome ke Telkomsel ini mencakup pengelolaan bisnis dan pelanggan untuk beberapa layanan, seperti internet (fixed broadband), telepon rumah (fixed line), Internet Protocol Television (IPTV), dan ragam bundling layanan digital consumer lainnya.

Direktur Keuangan Dan Manajemen Risiko Telkom Indonesia Heri Supriadi kembali menegaskan hal itu, Rabu 20 Maret 2024.

Dijelaskan, integrasi ini merupakan tonggak penting bagi implementasi inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC) TelkomGroup sebagai bagian dari strategi utama perusahaan Five Bold Moves, dalam rangka menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat.

Seiring proses integrasi ini, kepemilikan Telkom di Telkomsel naik menjadi 69,9% sedangkan saham SingTel tersisa 30,1%.

Spin off ini juga menandai refocus bisnis TelkomGroup, yakni segmen Business to Consumer (B2C) sepenuhnya dikelola oleh Telkomsel.

Adapun Telkom akan fokus untuk menjadi pemimpin pasar pada segmen B2B yang merupakan sumber pendapatan baru potensial untuk pertumbuhan Telkom yang lebih tinggi di masa mendatang.

Di sisi lain, Telkom juga akan melakukan percepatan transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional.

Tujuannya adalah agar dapat melayani segmen ini secara menyeluruh untuk mendukung sektor korporasi, UMKM, maupun instansi pemerintah dalam melakukan digitalisasi.

Adapun untuk mendukung transisi dan kelancaran operasional ke depannya, Telkom dan Telkomsel sepakat dari sisi sumber daya manusia terkait talent transfer dan talent mobility.

“Kolaborasi dan sinergi karyawan di TelkomGroup merupakan salah satu kunci untuk memperkuat bisnis broadband ritel di Telkomsel serta transformasi B2B di Telkom,” imbuhnya.

Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/03/usai-spin-off-indihome-telkom-makin.html


0 comments:

Post a Comment