Thursday, June 3, 2021

Ninja Xpress Dukung Pengembangan UKM Negeri Melalui Berbagi Edukasi dan Wawasan Bisnis



INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sebagai Mitra UKM yang terobsesi mengantarkan sukses ke seluruh UKM di Indonesia, Ninja Xpress selalu berupaya menjawab kebutuhan para pelaku UKM dalam menghadapi tantangan bisnis, khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Berdasarkan Laporan Suara UKM Negeri yang diluncurkan pada bulan Desember 2020, 53% UKM mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan pelatihan dengan sistem mentoring khusus di bidang strategi pemasaran dan keuangan untuk mempercepat pengembangan bisnisnya.


Setelah sukses dengan Program Aksilerasi perdana pada akhir tahun 2020 lalu, tahun ini Ninja Xpress melanjutkan program tersebut dengan melakukan beberapa penyesuaian berdasarkan prioritas kebutuhan para pelaku UKM. Salah satu penyesuaian yang dilakukan adalah dengan membagi sesi kelas menjadi dua bagian, Kelas Inkubasi dan Kelas Akselerasi. Hal ini dilakukan agar semakin banyak pelaku UKM yang memiliki kesempatan mentoring bersama para mentor.

Bagian pertama merupakan Kelas Inkubasi untuk memberikan pembekalan teori dan materi yang dapat diikuti oleh seluruh UKM yang bergabung di Ninja Academy secara gratis. Selanjutnya di bagian kedua, tim Ninja Xpress mengkurasi 30 pelaku UKM terpilih untuk mengikuti Kelas Akselerasi II. Pada bagian kedua ini, para pelaku UKM mendapatkan bimbingan intensif dari jajaran mentor ahli untuk mengaplikasikan seluruh materi yang telah didapat di fase sebelumnya.

Program Aksilerasi II ini telah dijalankan sejak bulan April 2021, dan sudah memasuki tahap pemberian bimbingan intensif bagi 30 UKM terpilih oleh para mentor yang berpengalaman di bidangnya. Seluruh UKM juga dibekali dukungan berupa pembiayaan kampanye pemasaran dengan total nilai sebesar 150 Juta Rupiah. Saat ini kampanye pemasaran untuk Program Aksilerasi II masih berlangsung dan hingga dan diikuti oleh UKM dari berbagai sektor seperti makanan ringan & cepat saji, fashion dan aksesoris seperti pakaian dan tas. Dua diantaranya adalah Greenville Farm dan Nadda.id, kedua UKM ini adalah contoh UKM yang berhasil melakukan kampanye pemasaran dan mendapatkan kenaikan omzet hingga dua kali lipat setelah mempraktekan materi pemasaran yang didapatkan dari Program Aksilerasi.

Boby, tim operasional Greenville Farm, Kamis (3/6/2021) , yang aktif mengikuti Program Aksilerasi menyampaikan, “Ninja Xpress telah membuat program yang sangat bermanfaat, sangat berguna bagi UKM, sehingga kami bisa belajar untuk melakukan promosi pemasaran dengan tepat. Semoga ke depannya banyak UKM yang menerima dampak yang sama dari Program Aksilerasi Ninja Xpress, sehingga UKM dapat menjadi pertahanan ekonomi Indonesia.”

Konsistensi Dukung Pengembangan Bisnis UKM Melalui Situs Blog Sebagai Wadah Edukasi

Berangkat dari semangat Ninja Xpress dalam mendukung UKM lokal berkembang, Ninja Xpress terus berinovasi dan melakukan upaya-upaya untuk menghadirkan ekosistem digital yang mampu mendukung para pengusaha lokal dalam melakukan pengembangan bisnisnya secara nyata dan konsisten. Untuk itu, kali ini Ninja Xpress menghadirkan program terbarunya, yakni situs blog Obsesi Untuk Negeri, sebuah platform digital yang dijadikan sumber informasi dan berbagi wawasan bisnis dan tips bersama para pengusaha lokal di Indonesia.

Andi Djoewarsa selaku CMO Ninja Xpress menjelaskan, “Harapannya dari Program Aksilerasi II hingga peluncuran blog ini, para UKM yang mendapatkan wawasan baru serta merasakan dampaknya terhadap pertumbuhan bisnis mereka secara langsung. Program Aksilerasi merupakan program yang selalu kami adakan 3-4 bulan sekali, sedangkan komitmen kami untuk selalu mendukung para UKM melalui edukasi dan berbagi wawasan serta tips selalu ada. Maka dari itu, kami menghadirkan blog ini yang mampu memfasilitasi para UKM yang ‘haus’ akan ilmu dan wawasan bisnis baru untuk kebutuhan pengembangan bisnisnya ke depan”.

Situs Blog Obsesi Untuk Negeri dapat diakses melalui tautan blog.ninjaxpress.co/. Sejalan dengan misinya untuk mengantarkan sukses bagi UKM negeri, Ninja Xpress memiliki misi untuk menciptakan ekosistem digital guna mendukung pertumbuhan bisnis lokal. Dari Ninja Academy hingga Program Aksilerasi, Ninja Xpress secara konsisten mendukung melalui edukasi dan berbagi tips. Di dalam situs blog Obsesi Untuk Negeri terdapat kumpulan tulisan dan video menarik yang mengupas tuntas mengenai strategi pemasaran dan branding sebuah usaha, obrolan menarik seputar bisnis bersama pengusaha sukses seperti Dr.Tirta, Jejouw, dan materi menarik yang dibagi oleh mentor-mentor bisnis terpilih untuk mengoptimalkan strategi bisnis.

“Blog Ninja Xpress hadir dan difokuskan untuk membantu seluruh UKM di Indonesia agar lebih mudah mengakses informasi, wawasan, dan ide baru seputar bisnis sehingga pelaku UKM bisa mengembangkan bisnisnya lebih mudah. Sebab, merujuk pada laporan bertajuk “Digital 2021” yang dirilis oleh layanan manajemen konten Hootsuite, dan agensi pemasaran media sosial We Are Social, pengguna internet Indonesia pada awal tahun 2021 mencapai 202,6 juta meningkat 15,5% atau sebanyak 27 juta jiwa dibandingkan dengan tahun 2020 lalu. ” tutup Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Sumber : https://www.industry.co.id/read/86642/ninja-xpress-dukung-pengembangan-ukm-negeri-melalui-berbagi-edukasi-dan-wawasan-bisnis

0 comments:

Post a Comment