Wednesday, June 23, 2021

Bupati Dico Dorong UKM Kendal Tembus Pasar Dunia

 


KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Komitmen pemerintah kabupaten Kendal untuk mendukung usaha kecil di Kendal mendunia bertahap mulai diakukan. Mulai dari kerjasama dengan digital platform untuk pemasaran hingga pelatihan khusus usaha kecil dan menengah (UKM) yang berorientasi ekspor.

Bupati Kendal, Dico Ganinduto mengatakan, sinergitas Pemerintah Kabupaten Kendal menyelenggarakan Kegiatan Coaching Program for New Exporters (CPNE) ini untuk mendukung kegiatan ekspor di Kabupaten Kendal, dan merealisasikan MoU antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) .

“Maka, dengan sinergitas ini nantinya dapat mendorong pengembangan usaha disektor UKM untuk menghasilkan pelaku eksportir baru, dan membantu promosi produk unggulan UKM menuju pasar dunia, serta memberikan dukungan dalam menjalankan ekspor perdana dan pendampingan kepada calon eksportir agar menjadi lebih bankable,” katanya saat membuka Pelatihan Tematik Ekspor Coaching Program For New Exporter (CPNE) melalui Daring, Selasa 22 Juni 2021.

Bupati Dico mengatakan, bahwa UKM memiliki peranan penting dan strategis, apalagi dalam kondisi pandemi pada saat ini, UKM diharapkan dapat menjadi lebih inovatif baik dalam hal peningkatan penggunaan digital platform maupun perluasan pemasaran ke pasar ekspor.

Bupati Dico dalam kesempatan itu juga memberikan penegasan, bahwa setelah pelatihan ini, pihaknya tidak akan berhenti sampai di sini saja, tetapi akan terus melakukan pendampingan kepada para peserta pelatihan, dengan membuatkan jaringan komunikasi group untuk mempermudah monitoring keberhasilan dari program pelatihan tematik ekspor ini.

“Pelatihan tematik ekspor CPNE ini, semoga dapat memberikan pencerahan dan optimisme bagi UKM Berorientasi Ekspor untuk dapat membantu menghilangkan hambatan ekspor, sehingga ekspor nasional di tahun 2021 dapat tumbuh dan meningkat bersamaan dengan kondisi ekonomi Indonesia yang kembali stabil,” tutup Bupati.

Hadir juga dalam acara tersebut Direktur Pelaksana II Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) Bapak Maqin Norhadi beserta jajarannya, Sekda Kendal dan Para Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal, dan diikuti oleh Para Pelaku UKM, Para Praktisi dan Pelaku Ekspor di Kabupaten Kendal.

Sumber : https://www.ayosemarang.com/read/2021/06/22/79519/bupati-dico-dorong-ukm-kendal-tembus-pasar-dunia

0 comments:

Post a Comment