Thursday, December 3, 2020

Digital Transformation, Digitalization, dan Digitization Apa Bedanya?

 Digitization (digitisasi) –> mengubah sesuatu bentuk non digital menjadi bentuk digital

Digitalization (digitalisasi) –> membuat atau memperbaiki proses bisnis dengan menggunakan teknologi dan data digital

  • Sebelum digitalisasi: Ketika perusahaan merekrut karyawan baru, perusahaan harus menyiapkan mobile phone untuk karyawan tsb. Manager perusahaan akan mengirimkan permintaan kepada perusahaan telko untuk memproses permintaan. Perusahaan telko membutuhkan waktu untuk mempersiapkan permintaan ini. Setelah beberapa hari, karyawan baru menerima mobile phone yang diminta.
  • Digitalisasi: Ketika ada karyawan sudah pasti diterima, perusahaan langsung mengirimkan permintaan mobile phone. Perusahaan telko langsung mempersiapkan permintaan ini. ketika karyawan baru masuk, peralatan yang diminta sudah tersedia.

Digital Transformation (transformasi digital) –> perubahan drasstis aktivitas bisnis, kompetensi dan model bisnis dengan memanfaatkan kesempatan yang muncul dari perkembangan teknologi digital.

  • Proses verifikasi calon pelanggan menggunakan data dari perusahaan lain untuk saling melengkapi (dari proses registrasi di perusahaan lain). Mis perusahaan telko dan perusahaan kartu kredit.

Referensi: https://medium.com/api-product-management/what-is-digital-transformation-digitalization-and-digitization-c76277ffbdd6

0 comments:

Post a Comment