Thursday, May 17, 2018

Cara Jualan Online yang sukses tanpa modal buat para pemula




Hampir semua orang pedagang mulai merambah bisnis / toko online. yap, berjualan online anda tidak perlu menyewa ruko untuk berjualan.
dengan mengeluarkan banyak uang. tapi dengan toko online, anda bahkan bisa menarik banyak customer hanya di dalam rumah ! memang, membuka toko online memiliki banyak kemudahan, tapi jika persiapan memulai bisnis onlinenya kurang matang, dalam kurun waktu singkat pun bisnis anda akan gulung tikar nah, kali ini Golden English akan membahas Cara Jualan Online yang sukses tanpa modal buat para pemula
tapi, sebelum anda melangkah jauh, ada baiknya mengetahui alurmya terlebih dahulu, berikut point point pentingnya :





Memutuskan Apa yang Ingin Anda Jual
jika anda sudah sangat ingin berjualan online, sudah pasti anda sudah tau apa yang ingin anda jual, atau gambaran kasar apa yang harus dijual  karna tidak selalu produk offline mendapatkan respons yang sama seperti anda menjualnya secara online. karnanya, anda pun harus memikirkan matang matang sebelum akhirnya menjual produk Anda secara  online. Langkah ini merupakan cara berjualan online yang sukses membuat toko online Anda beromzet jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk memutuskan produk apa yang nantinya ingin Anda jual:
  1. Apa produk fisik memungkinkan untuk dikirim, atau apakah produk digital yang ingin Anda jual dapat dikirim melalui internet?
  2. Anda ingin sekali menjual berbagai macam produk, atau apa Anda berencana untuk mengkhususkan menjual satu produk tertentu (misal seperti jaket atau alat masak)?
  3. Apa Anda ingin memproduksi produk yang ingin anda jual sendiri? Jika demikian,pastikan anda mampu dan mengimbangi permintaan pasar. anda juga harus memiliki hubungan yang baik dengan penyuplai produk Ini merupakan salah satu cara jualan online shop yang dapat berkembang secara cepat.
  4. Memutuskan bagaimana produk Anda akan dikirim. Membuat rencana untuk mengirimkan produk dari rumah Anda secara efisien. Anda juga bisa melihat ke layanan atau jasa pengiriman, jika produk diproduksi oleh pihak ketiga.
  5. Anda harus selalu berusaha untuk efektif menyebarluaskan toko online Untuk itu, Anda perlu melakukan pendekatan terhadap orang-orang yang bergerak di bidang sejenis. Pastikan produk Anda adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk jangka panjang. Meskipun jualan online tanpa modal, namun Anda masih harus melakukan strategi yang tepat untuk bisnis Anda.

Niche Market
 
 
 
Niche Market  adalah memilih dan pemilihan segmen pasar yang ingin dijual dengan produk sejenis. Niche market ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan dari customer  dan digunakan dengan tujuan memperkecil persaingan pasar. Intinya, Anda harus mengetahui apa yang membedakan toko online Anda dengan kebanyakan toko online lainnya. Apabila Anda berhasil menemukan unsur pembeda tersebut, maka hal itu adalah cara jualan online shop terbaik yang membuat bisnis online Anda meraup banyak untung. Untuk itu, sebelum membuka online shop, Anda harus memperhatikan hal berikut ini:
  1. lakukan survey terlebih dahulu sebelum menjualnya, apakah ada kompetitor, Pertimbangkan pasar online terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu tingkat persaingan dalam portal-portal toko online
  2. Menawarkan sesuatu yang benar-benar asli tidak palsu. Jika Anda menjual kerajinan hand made, atau karya seni yang lainnya, pastikan bahwa produk tersebut kreatif, sehingga produk Anda berbeda dengan kebanyakan kerajinan yang sudah ada.
  3. Manfaatkan keahlian Anda. Ya, hal ini merupakan sesuatu hal yang dapat membuat toko online Anda berjalan sukses. Misalnya, Susi Susanti adalah mantan atlet kebanggaan Indonesia. Setelah memutuskan untuk berhenti menjadi atlet, dirinya menjual berbagai alat kelengkapan badminton.
  4. Mengatur agar proses pembelian simpel dan mudah dimengerti. Bahkan jika produk Anda sangat sudah banyak dijual oleh toko online lainnya, setidaknya Anda dapat menawarkan pengalaman belanja secara mudah dalam proses pembelian. Untuk itu, pastikan navigasi sangat mudah dimengerti. Ini merupakan langkah dasar terkait dengan cara berjualan online untuk pemula yang harus Anda perhitungkan.
Menguji Pasar dengan Menjual Produk dalam Skala Kecil
ada baiknya jika Anda coba menjual produk secara offline terlebih dahulu sebelum Anda memasarkannya melalui online. karna Secara offline, Anda bisa menjual produk-produk tersebut dalam skala kecil di pasar, pameran, ataupun di berbagai event tertentu. Hal ini untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda. Atau, secara online Anda bisa menjualnya di Olx.com, ataupun toko online lainnya. Ini merupakan cara sukses jualan online dengan mengetahui peluang pasarnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pastikan:
  1. Siapa yang akan membeli produk Anda? Hal ini untuk melihat segmentasi pasar secara jelas dan terarah. agar berjualan lebih mudah
  2. Berapa banyak mereka bersedia membayar? Cobalah untuk menjualnya dengan harga yang berbeda-beda. mulai dari harga kecil
  3. Ketika produk Anda terjual, tanyakan apakah mereka puas dengan produk tersebut? Ini adalah waktu yang tepat untuk menguji seberapa baik produk Anda di mata customer. Meskipun jualan online gratis tanpa membutuhkan modal, langkah ini adalah upaya untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda. dan anda akan mendapat feedback
Membuat Perencanaan Bisnis
Sebelum Anda membuat toko online, luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Apakah Anda berencana mendapatkan dana bantuan dari investor? Hal ini tentunya akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang akan Anda perlukan untuk membuat toko online Anda. Maka untuk mengetahui biaya operasi Anda, perlu dilakukan pemetaan strategi pemasaran. Berikut adalah faktor-faktor penentunya.
  1. Meskipun bisnis ini adalah cara jualan online dan gratis, namun tetap saja ada biaya produksi. Untuk itu, Anda perlu menentukan apakah produk yang Anda jual adalah produksi sendiri atau melakukan kontrak dengan produsen.
  2. Memetakan biaya pengiriman kurir
  3. Gaji karyawan (jika membutuhkan karyawan).
  4. Biaya untuk memberi nama domain dan layanan web hosting Anda, anda bisa melakukan pembuatan domain dan hosting
sumber: https://golden-course.com/cara-jualan-online-yang-sukses-tanpa-modal-buat-para-pemula/

0 comments:

Post a Comment