Sunday, April 6, 2014

Bagaimana UKM menggunakan CRM ?

Dengan menggunakan CRM, sebuah usaha khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat dengan mudah mengelola :

1. Prospek = LEAD

    Dengan mendaftarkan semua peluang / prospek / LEAD yang didapat, maka UKM dapat dengan mudah menindaklanjuti. Hal ini terjadi karena umumnya UKM mengelola sumber daya penjualan yang terbatas. Jumlah sales yang terbatas dan banyak memang bukan melulu kendala untuk keberhasilan penggunaan CRM. Tapi dengan melakukan track yang ketat khususnya terhadap LEAD yang ada, maka UKM dapat segera menindaklanjuti dengan tepat dan cepat.

2. Peluang = POTENTIAL = OPPORTUNITY

Pada saat LEAD telah didaftarkan, pengusaha UKM dapat menjadwalkan waktu kunjungan dalam CALENDAR, dan mendapatkan informasi peluang2 yang mungkin didapat. Peluang yang ada didaftarkan di POTENTIAL / OPPORTUNITY. Dengan produk / solusi yang ditawarkan, maka UKM dapat menangkap peluang dan angka target penjualan yang diharapkan.

3. Penawaran = Quotation

Salah satu hal yang mungkin sering hilang dalam pengawasan pengusaha UKM adalah penawaran / quotation yang ditawarkan oleh tim salesnya. Dengan mendaftarkan seluruhnya ke dalam sistem CRM, maka Quotation dapat dengan mudah ditrack, di-follow-up dengan cepat dan tepat.

4. PO Customer = Sales Order

Pada saat PO datang, pengusaha UKM harus segera mempersiapkan memberikan produk / solusi terbaik. Maka didaftarkan SALES ORDER dengan cepat, dengan hanya menekan tombol create dari Quotation yang pernah disampaikan.

5. Pembelian ke supplier / vendor = Purchase Order

Pengusaha UKM juga sering direpotkan dengan pembelian-pembelian kepada supplier / Vendor. Sistem CRM juga telah memungkinkan mencatat pembelian dengan membuat PO ke supplier. Informasi Vendor juga dicatat dengan tepat.

6. Menagih ke customer = Invoice

Seiring dengan selesainya pengiriman barang / solusi yang diberikan, maka UKM dapat menagih. Hanya dengan membuat Invoice, maka informasi penagihan dapat disampaikan ke customer.

Seluruh sistem ini tercatat dengan baik dalam sistem CRM dan seluruh report dan aktifitas terkait dengan seluruh kegiatan ini dicatat. Kemudian, hasil output dari sistem bisa digunakan untuk analisa Laporan Keuangan dengan menggunakan aplikasi lain.

Semua ini hanya cukup menggunakan 1 aplikasi, yaitu vTigerCRM versi komunitas.

Silahkan kontak kami untuk implementasi dan trainingnya.
Mobile: 0812-1057533
email: crm@dayaciptamandiri.com


0 comments:

Post a Comment